PG Terima Kunjungan Benchmark Manajemen Risiko UI

10 November 2016 14:38 / Humas PG / 1993x dilihat

Kamis (10/11), PT Petrokimia Gresik (PG) berkesempatan untuk menerima kunjungan benchmark mengenai Penerapan Manajemen Risiko dari Universitas Indonesia (UI) yang diwakili oleh Satuan Manajemen Risiko UI.

Tim Benchmark UI sebanyak 5 orang dipimpin oleh Yogo Purnomo dan Nyoto Asgar selaku Pimpinan Satuan Manajemen Risiko UI, disambut langsung oleh Manager Tata Kelola Perusahaan & Manajemen Risiko (TKP & MR) PG di Kantor Pusat PT Petrokimia Gresik.

Dalam penyampaian maksud dan tujuan kedatangan, Yogo Purnomo menyampaikan terima kasih kepada jajaran PG yang sudah menyambut baik kedatangan rombongan.

UI merupakan universitas se-Indonesia yang pertama kali menerapkan Manajemen Risiko, dibentuk baru 1 tahun, sehingga kami perlu untuk belajar ke instansi-intansi yang lebih dulu sudah menerapkan manajemen risiko dalam proses bisnisnya. Saat ini, Satuan Manajemen Risiko sedang dalam proses penyusunan Pedoman dan Profil Risiko. Namun di kami, masih terdapat kendala dalam penciptaan budaya risiko di level groos root” ungkapnya.

Setelah mendengar maksud dan tujuan kedatangan Tim Benchmark, selanjutnya Manager TKP & MR Sri Widajati memaparkan tahapan penerapan manajemen risiko yang dijalankan oleh PG. Dalam paparannya, Mgr TKP & MR menyampaikan bahwa kunci dari penerapan manajemen risiko sebuah perusahaan adalah komitmen manajemen, penyediaan infrastrukur yang memadai, dan perbaikan kesisteman secara berkelanjutan sesuai dengan kondisi perusahaan.

Ditambahakan juga bahwa implementasi Manajemen Risiko mustahil tanpa komitmen dan awareness manajemen, penerapan manajemen risiko PG sendiri dimulai dari inisiatif Direksi. Selain itu sinergi antara Unit Kerja, Dep. Tata Kelola Perusahaan & Manajemen Risiko, Komp. Audit Intern, Komite Manajemen Risiko dan Direksi juga harus dijaga sesuai dengan skema Three Lines of Defence.

Menutup kunjungan benchmarking, Nyoto Asgar menyampaikan bahwa hal penting yang dapat diimplementasikan di UI adalah pelaksanaan sosialisasi kepada karyawan dan calon karyawan dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai manajemen risiko dan juga peningkatan budaya sadar risiko. Yez/isp.-

Berita Terbaru

08 Jul 2020
Petrokimia Gresik Anggarkan Rp41,8 Miliar Untuk Bantu UMKM Di Tahun 2020
08 Juli 2020 09:00 / Humas PG / 33x dilihat
06 Jul 2020
04 Jul 2020
Petrokimia Gresik Tingkatkan Produktivitas Pertanian Di Gorontalo
04 Juli 2020 19:53 / Humas PG / 82x dilihat
03 Jul 2020
Penurunan Harga Gas Bumi Perkuat Daya Saing Petrokimia Gresik
03 Juli 2020 19:13 / Humas PG / 110x dilihat