Petrokimia Gresik Luncurkan Tiga Produk Inovasi Baru

29 Agustus 2014 14:53 / http://surabaya.bisnis.com / 4419x dilihat

Peni Widarti

Bisnis.com, GRESIK – PT Petrokimia Gresik (Persero) tahun ini meluncurkan tiga produk inovasi baru sejalan dengan upaya mendukung ketahanan pangan nasional dan memenuhi kebutuhan pasar yang semakin berkembang.

Direktur Utama Petrokimia Gresik (PKG) Hidayat Nyakman mengatakan peluncuran berbagai produk inovasi tersebut merupakan bentuk diversifikasi bidang usaha yang sudah lama dikembangkan oleh PKG.

"Pengembangan produk inovasi ini bertujuan agar usaha PKG bisa mencakup seluruh sub sistem sektor pertanian," ujarnya dalam acara Petro Agrifood Expo (PAE) ke-12, di Gresik Jawa Timur, Kamis (28/8/2014).

Adapun tiga produk inovasi baru yang diluncurkan yakni Petro Biofeed, Petro Chick dan benih jagung hibrida Petro Hi-Corn.

Petro Biofeed dan Petro Chick merupakan probiotik untuk sapi dan unggas yang mengandung penghasil zat anti-mikroba pathogen, penyeimbang mikroflora rumen, dan meningkatkan napsu makan serta kemampuan mencerna protein sehingga dapat mengurangi bau pada kotoran.

Sedangkan Petro Hi-Corn (varietas Bima 14 Batara) merupakan benih unggul yang lebih tahan terhadap penyakit dan memiliki potensi produksi pipilan kering 12,9 ton/ha. Potensi ini jauh di atas rata-rata nasional yang hanya berkisar 5 ton/ha.

General Manager Riset PKG Joko Utomo mengatakan tahun lalu PKG juga telah meluncurkan 4 produk inovasi yaitu Petro Chili (benih cabai merah unggul), Fitrice (beras dengan indeks glikemik rendah), Petro Kalsipalm (pupuk mikro majemuk untuk sawit), dan NPK Kebomas nitrat tanpa klor untuk tembakau.

"Peluncuran tiga produk baru tersebut semakin melengkapi daftar panjang produk inovasi PKG," ujarnya.

Dia menambahkan meski mengeluarkan banyak produk inovatif, PKG tetap tidak akan meninggalkan produksi pupuk sebagai core bisnisnya selama ini. Peluncuran produk-produk inovasi tersebut tidak hanya untuk mendukung kinerja perusahaan tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin berkembang.

"Saya kira pasar saat ini memang sedang membutuhkan produk-produk yang inovatif untuk menunjang usaha pertaniannya," imbuh Joko.

Selain meluncurkan produk inovasi baru, PKG juga menggelar kegiatan pameran pertanian yang rutin dilakukan setiap tahun. Pameran Petro Agrifood Expo (PAE) ke-12 tersebut digelar di Kebun Percobaan (Buncob), Kompartemen Riset PKG, pada 28-31 Agustus 2014.

PAE digelar untuk mengekspos berbagai produk hasil riset PKG dan hasil pertanian dengan berbagai produk olahannya. Selain itu, PAE juga menjadi obyek wisata agro untuk menarik minat pengunjung terhadap sektor pertanian sekaligus menjadi ajang memperkenalkan Buncob PKG dengan segala sarana dan prasarananya.

Sumber : JIBI

Editor : Wahyu Darmawan

http://surabaya.bisnis.com/m/read/20140829/14/74059/petrokimia-gresik-luncurkan-tiga-produk-inovasi-baru

Berita Terbaru

12 Apr 2021
Penerapan Manajemen Risiko di Petrokimia Gresik Membuahkan Penghargaan Nasional
12 April 2021 14:01 / Komunikasi Korporat PG / 25x dilihat
12 Apr 2021
Petrokimia Gresik Optimalkan Peran Pertanian Gresik Melalui "Demplot Dambaan" Phonska OCA Di 21 Titik
12 April 2021 10:39 / Komunikasi Korporat PG / 45x dilihat
11 Apr 2021
Petrokimia Gresik Salurkan Bantuan Seribu Paket Sembako Untuk Korban Gempa Bumi Malang
11 April 2021 14:31 / Komunikasi Korporat PG / 40x dilihat
10 Apr 2021
Petrokimia Gresik Dinobatkan Sebagai "The Best Indonesia Green Awards 2021"
10 April 2021 22:22 / Komunikasi Korporat PG / 41x dilihat