Petrokimia Gresik Gembleng Peternak Sapi dan Kambing Jombang

02 Februari 2016 08:43 / http://surabaya.tribunnews.com/ / 2387

SURYA.co.id | JOMBANG - Melalui dana CSR (corporate social responsibility), PT Petrokimia Gresik (PG) berupaya mengembangkan kemampuan peternak sapi potong dan kambing yang menjadi mitra binaan PG di Jombang, Minggu (31/1/2016). Pada kegiatan yang dikemas acara Temu Peternak Sapi Potong dan Kambing di Balai Desa Tinggar, Kecamatan Bandarkedungmulyo itu, selain menghadirkan narasumber staf Pusat Riset PG dan Petrosida Gresik, juga tampil Direktur SDM dan UMUM PG Rahmat Pribadi.

Rahmad Pribadi mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan membagi ilmu dan pengetahuan untuk meningkatkan ketrampilan peternak sapi potong dan kambing peternak binaan PG. “Kami berharap peternak mitra binaan dapat meningkatkan hasil usahanya serta mampu melakukan diversivikasi produk, sehingga penghasilan peternak juga meningkat,” kata Rahmad Pribadi.

Diantara materi yang diberikan, adalah sosialisasi mengenai produk Petro Biofeed. Produk yang sudah diluncurkan sejak 2014 ini merupakan probiotik penghasil zat anti-mikroba pathogen, penyeimbang mikroba rumen, dan meningkatkan kemampuan mencerna protein. “Probiotik ini mampu meningkatkan nafsu makan dan pada akhirnya meningkatkan berat atau bobot ternak. Berdasarkan hasil riset, rata-rata peningkatan bobot sapi mencapai 0,8 hingga 1,3 kilogram setiap hari,” imbuh Rahmad.

Kegiatan ini sendiri, menurut Rahmad Pribadi, merupakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, yang pada 2015 telah menyalurkan pinjaman modal kerja program kemitraan sebesar Rp 52,8 miliar. Dana sebesar itu disalurkan untuk enam sektor yang terkait dengan bisnis perusahaan. “Yakni pertanian, peternakan, perdagangan, perikanan, perkebunan, jasa dan industri. Dari nilai tersebut Rp 21,4 miliar diantaranya untuk sektor peternakan sapi dan kambing,” tandas Rahmad.

Selain ‘menggembleng’ peternak dengan materi guna meningkatkan kemampuan, dalam acara itu PG juga memberikan bantuan instalasi biogas senilai Rp 32 juta dan produk Petro Biofeed. Bantuan instalasi biogas dan produk Petro Biofeed secara simbolis diserahkan Rahmad Pribadi kepada perwakilan kelompok ternak Usaha Bersama Desa Sukorejo, Kecamatan Perak, Jombang. Selanjutnya, acara diakhiri dengan seremonial peletakan batu pertama pembangunan instalasi biogas di Desa Tinggar.

Hadir sebagai peserta dalam acara itu 12 kelompok peternak. “Mereka terdiri dari delapan kelompok peternak sapi dan empat kelompok peternak kambing yang datang dari lima kecamatan. Yakni Kecamatan Perak, Bandarkedungmulyo, Ngoro, Kesamben, dan Peterongan,” pungkas Rahmad.(Sutono/Yuli)

http://surabaya.tribunnews.com/2016/01/31/petrokimia-gresik-gembleng-peternak-sapi-dan-kambing-jombang?page=2

Berita Terbaru

Tingkatkan Kualitas SDM Melalui Program Vokasi
21 Jan 2020
Tingkatkan Kualitas SDM Melalui Program Vokasi
21 Januari 2020 13:57 / Humas PG / 17
Pembukaan Bulan K3 Nasional di Petrokimia Gresik
20 Jan 2020
Pembukaan Bulan K3 Nasional di Petrokimia Gresik
20 Januari 2020 15:55 / Humas PG / 46
Kerjasama Dengan Petrosida Gresik
20 Jan 2020
Kerjasama Dengan Petrosida Gresik
20 Januari 2020 15:44 / Humas PG / 30
Penghargaan SMK3 dan P2HIV-AIDS Dari Gubernur Jawa Timur
15 Jan 2020
Penghargaan SMK3 dan P2HIV-AIDS Dari Gubernur Jawa Timur
15 Januari 2020 09:26 / Humas PG / 104