Pertamina Harus Jamin Gas Pabrik Pupuk

17 April 2013 14:05 / http://www.vhrmedia.com / 5344x dilihat
  • Teguh Nugroho / VHRmedia, Selasa, 16 April 2013

"Presiden memerintahkan Pertamina mencari solusi pasokan dan harga gas untuk pabrik pupuk."

VHRmedia, Jakarta – Kepastian harga dan pasokan gas bagi pabrik pupuk harus dipenuhi karena pupuk memegang peran penting dalam upaya pencapaian swasembada beras.

Demikian disampaikan Presiden Yudhoyono setelah mengunjungi pabrik pupuk PT Pupuk Kujang Karawang di Karawang, Jawa Barat.

Dia menugaskan Pertamina untuk memastikan pasokan tersebut. “Permasalahan ketersediaan dan harga gas bagi industri pupuk harus bisa diatasi. Pertamina dan PT pupuk carikan solusinya,” kata Presiden seperti disampaikan dalam akun twitternya, @sbyudhoyono di Karawang, Senin malam.

Lebih lanjut Presiden mengatakan, program surplus beras memerlukan dukungan semua pihak dan menyebut jika produksi beras cukup diharapkan harga harga akan lebih stabil. “Meskipun alhamdulillah kelangkaan pupuk tidak ada lagi, jangan cepat puas jika ada masalah harus segera diatasi,” paparnya.

Dia juga meminta masyarakat ikut membantu mengawasi penyaluran pupuk agar sampkita tepat waktu dan tepat jumlah juga efesien dan tanpa penyimpangan," tambah Presiden.

Berdasarkan aturan baru yang dikeluarkan Menperindag terkait pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi pemerintah menunjuk PT Pupuk Sriwidjaja, PT Pupuk Kujang, PT Pupuk Kalimantan Timur, Tbk, PT Pupuk Iskandar Muda dan PT Petrokimia Gresik untuk memproduksi pupuk urea, SP-36,ZA dan NPK.

Sayangnya dalam pabrik pupuk mengaku sering mengalami kesulitan untuk mendapatkan gas bagi produksinya. Mestinya harga gas untuk pabrik pupuk tidak dapat dilepas pada mekanisme pasar semata. Ia tetap harus dikontrol pemerintah. Kontrol pemerintah itu bisa dilakukan melalui pemberian subsidi, jika harga gas terlalu tinggi. (E2)

http://www.vhrmedia.com/new/berita_detail.php?id=2688

Berita Terbaru

24 Mar 2024
Petrokimia Volleyball Academy Menjadi Tim Putri Pertama yang Menjuarai Nusantara Cup
24 Maret 2024 20:50 / Komunikasi Korporat PG / 777x dilihat
22 Mar 2024