PENERAPAN GCG DI PT PETROKIMIA GRESIK SANGAT BAIK

15 Desember 2015 10:17 / Humas PG / 7203x dilihat

Kapala Perwakilan (Kaper) Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Timur, Ketut Suadnyana Merada, menyatakan, “PT Petrokimia Gresik sudah layak menjadi benchmarking penerapan Good Corporate Governance (GCG) bagi industri pupuk di Indonesia.”

Pernyataan tersebut diungkapkan Kaper BPKP Jatim setelah mendapat paparan GCG Assessment pada saat acara closing meeting GCG assessment PT Petrokimia Gresik Tahun 2015 di Kantor Pusat PT Petrokimia Gresik, Senin, 14 Desember 2015. “Capaian prestasi GCG di tahun 2015 ini sungguh luar biasa. Dari skor kategori ‘Baik’ pada tahun 2014 menjadi ‘Sangat Baik’ pada tahun 2015 ini tidaklah gampang. Ini membuktikan, pengelolaan perusahaan oleh Direksi PT Petrokimia Gresik semakin baik dan sudah mengarah pada prinsip-prinsip GCG,” kata Ketut Suadnyana Merada.

Sebelumnya, Kabid Akuntansi Negara BPKP Perwakilan Jawa Timur, Dewa Putu Ngurah Brana, memaparkan hasil GCG Assessment PT Petrokimia Gresik tahun 2015 yang dilakukan oleh BPKP Perwakilan Jawa Timur. “Relatif dari 5 aspek yang dinilai sesuai SK-16 Kemeneg BUMN tahun 2012, mengalami peningkatan dan masuk dalam kategori ‘Sangat Baik’ sehingga memungkinkan untuk dilakukan penilaian pada aspek ke-6,” kata Dewa Putu Ngurah Brana. “Dengan berbagai prestasi yang diperoleh sehingga menjadi benchamarking dari perusahaan lain, maka PT Petrokimia Gresik mendapat tambahan nilai sempurna yaitu 5,” tambah Dewa Putu Ngurah Brana.

Sementara itu, Dirut Ir. Hidayat Nyakman yang turut hadir dalam acara closing meeting GCG assessment PT Petrokimia Gresik Tahun 2015 menyambut gembira atas hasil yang dicapai oleh PT Petrokimia Gresik ini. Namun Dirut mengingatkan kepada seluruh jajaran PT Petrokimia Gresik, bahwa selain menghasilkan skor yang cukup baik, GCG assessment tahun 2015 juga mampu memotret kekurangan-kekurangan yang masih perlu langkah perbaikan. “Meraih prestasi itu lebih mudah dari pada mempertahankan apalagi meningkatkan. Oleh karena itu, kepada seluruh jajaran PT Petrokimia Gresik kami minta untuk terus melakukan upaya-upaya perbaikan agar prestasi yang sudah baik ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan,” kata Dirut Ir. Hidayat Nyakman.

Selain dihadiri Dirut, acara Closing Meeting GCG assessment PT Petrokimia Gresik Tahun 2015 juga dihadiri oleh Direktur Produksi, Direktur Teknik & Pengembangan, serta seluruh pejabat Eselon I dan pejabat Eselon II yang terkait. (Agus M)

Berita Terbaru

24 Mar 2024
Petrokimia Volleyball Academy Menjadi Tim Putri Pertama yang Menjuarai Nusantara Cup
24 Maret 2024 20:50 / Komunikasi Korporat PG / 783x dilihat
22 Mar 2024