Meningkatkan Produktivitas dan Efektivitas Melalui Appreciative Inquiry

08 Maret 2012 14:30 / Humas PKG / 2799x dilihat

Dalam acara Pertemuan Manajemen PT Petrokimia Gresik pada akhir Februari 2012 (29/2) lalu, Direktur SDM & Umum, Koeshartono, mengundang Dra. Diennaryati Tjokromaryono M.Psi, dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, sebagai pembicara untuk memaparkan mengenai appreciative inquiry dan aplikasinya.

Pertemuan Manajemen yang merupakan acara rutin yang dicanangkan oleh Dir SDM & Umum dengan mengundang pembicara ahli dari berbagai bidang untuk meningkatkan kualitas dan kinerja perusahaan. Acara yang berlangsung di Wisma Kebomas ini dihadiri oleh seluruh jajaran Direksi, Direksi Anak Perusahaan, dan pejabat Eselon I dan II di lingkungan PT Petrokimia Gresik.

Dalam presentasinya, Diennaryati menyatakan bahwa appreciative inquiry merupakan sebuah pendekatan yang lebih memfokuskan diri pada hal-hal positif yang kemudian digunakan sebagai kekuatan untuk mencapai target-target yang hendak dicapai oleh sebuah organisasi.

Jadi, appreciative inquiry tidak memfokuskan diri pada permasalahan-permasalahan yang ada. David Cooperrider, penggagas pendekatan appreciative inquiry, mengemukakan bahwa jika pemimpin terlalu fokus pada permasalahan maka hal tersebut justru akan menghilangkan motivasi karyawan.

Penerapan appreciative inquiry dapat diawali dengan mengapresiasi apa yang terbaik atau menghargai segenap potensi yang dimiliki oleh organisasi. Penghargaan ini akan memotivasi karyawan untuk menjadi kreatif dan inovatif dan pada akhirnya akan membawa dampak bagi kinerja perusahaan.

“Dibutuhkan suatu kultur perusahaan dimana karyawan dianggap bermakna dan ia pun diberikan kesempatan untuk menunjukkan kebermaknaannya dalam bekerja. Sehingga ia akan berfikir kreatif, dan kreativitas ini akan memberikan dampak terhadap kinerja perusahaan. Dengan demikian karyawan akan merasa puas sebagai individu karena ia memiliki kontribusi bagi perusahaan” ujar Diennaryati.

Jika appreciative inquiry diterapkan dalam kehidupan bekerja sehari-hari, maka setiap orang dan unit kerja akan menyumbangkan kekuatannya untuk bekerjasama dan menyinergikan kelebihan serta keunikan yang dimiliki untuk mencapai target atau impian bersama yang telah ditetapkan.

“Sangat menarik dan menambah wawasan. Ternyata meningkatkan motivasi, produktivitas, dan kreativitas bisa dengan pendekatan appreciative inquiry ini”, ujar Dir SDM & Umum, Koeshartono. (Edri/Hartono)

Berita Terbaru

27 Nov 2020
Dwi Satriyo Annurogo Menjadi Pemimpin Anak BUMN Terpopuler di Media Digital 2020
27 November 2020 22:06 / Humas PG / 62x dilihat
20 Nov 2020
Gugus Inovasi Petrokimia Gresik Grup Sabet 22 Penghargaan TKMPN 2020
20 November 2020 14:30 / Humas PG / 235x dilihat
19 Nov 2020
Siaga Musim Tanam di NTB
19 November 2020 12:21 / Humas PG / 173x dilihat
19 Nov 2020
Direksi Petrokimia Gresik Tinjau Gudang Pupuk Bersubsidi
19 November 2020 10:23 / Humas PG / 210x dilihat