Kunjungan Benchmark Pusri, Manajemen Risiko & Fungsi Kepatuhan

20 April 2017 16:13 / Humas PG / 5217x dilihat

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri), anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero) melakukan kunjungan benchmark Manajemen Risiko dan Fungsi Kepatuhan ke PT Petrokimia Gresik (PG) pada tanggal 17-18 April 2017. Tim PT Pupuk Sriwidjaja Palembang disambut oleh Sekretaris Perusahaan (Sesper) PT PG Wahjudi, di Kantor Pusat Petrokimia Gresik.

Sugiyanto selaku Superintendent Manajemen Risiko PT Pupuk Sriwidjaja Palembang menyampaikan bahwa kunjungan benchmark Manajemen Risiko dan Fungsi Kepatuhan ke PG dikarenakan PG sebagai leader penerapan Manajemen Risiko di industri pupuk nasional dan ingin mengetahui sejauh mana penerapan Fungsi Kepatuhan di PG.

“PG sedari awal sudah menjadi percontohan atas implementasi Manajemen Risiko termasuk menjadi percontohan penerapan Manajemen Risiko di PT Pupuk Indonesia (Persero). Bahkan sedari awal apa yang diterapkan oleh PG juga diterapkan oleh PT Pupuk Sriwidjaja Palembang”. Papar Sugiyanto

Materi Benchmarking yang disampaikan oleh Manager Tata Kelola Perusahaan & Manajemen Risiko (TKP & MR), Sri Widajati antara lain Penerapan Manajemen Risiko PG, Penentuan Top High Risk (THR) dengan metode Delphi, dan Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMAR) yang mendeskripsikan pengembangan SIMAR dari tahun 2014-2016.

Pada hari kedua, 18 April 2017, Sesper PG menjelaskan tentang Fungsi Kepatuhan di PG. Fungsi Kepatuhan tidak dijalankan dalam sebuah unit kerja tertentu melainkan masuk di dalam Job Description Manager TKP & MR. Terkait implementasinya, Fungsi Kepatuhan masih menunggu keputusan dari PT Pupuk Indonesia (Persero). Fungsi Kepatuhan yang selama ini ditangani oleh Dep TKP & MR antara lain pelaporan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara), Pengendalian Gratifikasi, dan WBS (Whistle Blowing System). Namun secara keseluruhan, penerapan Kepatuhan di PG meliputi Kepatuhan terhadap peraturan internal maupun eksternal.–Joko Nugroho-

Berita Terbaru

24 Mar 2024
Petrokimia Volleyball Academy Menjadi Tim Putri Pertama yang Menjuarai Nusantara Cup
24 Maret 2024 20:50 / Komunikasi Korporat PG / 767x dilihat
22 Mar 2024