Komitmen BUMN gerakkan perekonomian daerah

29 Juli 2016 15:53 / http://www.merdeka.com / 5457x dilihat

Merdeka.com - Menyambut ulang tahun sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang jatuh di bulan Juli ini, Kementerian BUMN bersama 8 (delapan) BUMN yang berulang tahun menghelat sejumlah acara di Wonosobo, Jawa Tengah dan dikoordinasikan oleh PT Bank Negara Indonesia.

Ikut terlibat dalam kegiatan tersebut PT Aneka Tambang, PT Biro Klasifikasi Indonesia, PT Indofarma, PT Petrokimia Gresik, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Perum Jaminan Kredit Indonesia, dan Perum Perumnas. Rangkaian acara ini juga bertepatan dengan perayaan ulang tahun Pemerintah Kabupaten Wonosobo yang juga jatuh di bulan yang sama.

Hadir dalam acara tersebut Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Wonosobo Eko Purnomo, para Direktur Utama BUMN, para pejabat eselon Kementerian BUMN dan jajarannya, serta tamu undangan lainnya dari pemerintah Kabupaten Wonosobo dan unsur masyarakat setempat.

Wonosobo dipilih sebagai lokasi pelaksanaan acara karena menyimpan potensi kekayaan sumber daya alam dan budaya yang luar biasa. Selain potensi pengembangan ekowisata dan agrowisata berbasis kentang, carica, purwaceng, teh, dan kopi.

Wilayah itu juga memiliki potensi pengembangan wisata peternakan/biogas, desa wisata berbasis keunikan budaya lokal, destinasi wisata sunrise unggulan Bukit Sikunir, dan keanekaragaman hayati dan eksosistem yang unik, langka dan bernilai ekonomi tinggi.

Di samping itu, Dataran Tinggi Dieng yang secara geografis terletak di Wonosobo juga dianggap penting terutama terkait dengan pengembangan klaster Dieng dalam Program Prioritas Pariwisata Sinergi BUMN Joglo Semar. Melalui pelaksanaan acara tersebut, BUMN membuktikan komitmennya untuk menggerakkan roda perekonomian daerah strategic dan mendorong Wonosobo untuk maju sebagai kabupaten penyangga di Jawa Tengah.

Rangkaian acara diawali pada tanggal 29 Juli 2016, berupa kunjungan Menteri BUMN Rini Soemarno ke lokasi Industri Pengolahan Carica di Yuasa Munggang. Carica merupakan buah khas Wonosobo yang mirip pepaya dengan tekstur sedikit lebih keras, yang berpotensi untuk diangkat ke tingkat nasional dan internacional sebagai salah satu kekayaan sumber daya alam Wonosobo.

Dalam kesempatan itu, Rini menyampaikan pekerjaan besar untuk membangun sekaligus mensejahterakan masyarakat Indonesia perlu dibantu semua pihak.

"Kita sebagai bagian komponen stakeholder dan masyarakat harus ambil bagian untuk menggerakkan roda perekonomian daerah demi kemajuan bangsa dan negara ini," ujar Menteri BUMN Rini M. Soemarno.

Untuk kegiatan hari kedua diisi dengan kunjungan ke beberapa lokasi destinasi pariwisata unggulan di Wonosobo, antara lain ke Puncak Sikunir dan Telaga Menjer. Di lokasi ini Menteri Rini M. Soemarno menyerahkan bantuan CSR 2 (dua) buah perahu wisata kepada Pemerintah Kabupaten Wonosobo, diikuti dengan prosesi pemotongan rambut gimbal yang merupakan keunikan lokal Wonosobo.

Siangnya rombongan bertolak ke Alun-Alun Kabupaten Wonosobo untuk mengikuti deklarasi Carica Day sekaligus pemecahan rekor MURI Minum Carica oleh 5.000 orang peserta secara serentak. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pelepasan penjualan perdana kentang dan hasil olahan Carica penyerahan 200 bibit pohon Carica secara simbolis.

"Kita tidak hanya bisa duduk diam dan berharap kesejahteraan akan terjadi secara serta-merta, tapi kita harus bekerja keras dan bekerjasama tanpa henti untuk mencapainya. Karena pada akhirnya apa yang kita lakukan sekarang, bukan hanya tentang wujud rasa cinta kita dalam membangun negeri, tetapi juga tentang meninggalkan warisan terbaik bagi generasi muda Indonesia di masa mendatang," pungkasnya. [hrs]

http://www.merdeka.com/uang/komitmen-bumn-gerakkan-perekonomian-daerah.html

Berita Terbaru

24 Mar 2024
Petrokimia Volleyball Academy Menjadi Tim Putri Pertama yang Menjuarai Nusantara Cup
24 Maret 2024 20:50 / Komunikasi Korporat PG / 759x dilihat
22 Mar 2024