Kelompok Tani Sri Rejeki Grobogan dan PKG Bentuk Brigade Hama Perangi Hama Demi Peningkatan Produktivitas

21 Maret 2014 07:17 / http://www.murianews.com / 2272x dilihat

GROBOGAN-Kelompok tani Sri Rejeki membentuk sebuah brigade atau tim, yang bertugas untuk memberantas hama. Tim tersebut dibentuk, bekerjasama dengan PT Petrokimia Gresik (PKG), untuk membasmi hama wereng, belalang, dan tikus yang kerap menyerang tanaman padi milik petani.

Tim bentukan yang diberi nama Brigade Hama itu, langsung beraksi di dalam pencanangan gerakan pengendalian tikus, di Desa Krangganharjo, Kecamatan Totoh, Rabu (19/3). Sebab, dalam beberapa pekan ini, hujan terus mengguyur dan mengakibatkan lahan pertanian rentan diserang hama.

Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan yang hadir dalam pencanangan gerakan pengendalian tikus itu menganggap, kegiatan tersebut dipandang hal yang positif. Pasalnya, jika serangan hama dibiarkan terus menerus, yang dirugikan adalah petani sendiri.

”BUMN juga berperan aktif dalam memperkuat pengadaan dan pengelolaan cadangan beras pemerintah. Sehingga, upaya memberantas hama yang menyerang tanaman padi, merupakan upaya untuk meingkatkan produktivitas tanaman pangan, agar tercapai swasembada pangan,” kata Dahlan.

Sementara, Direktur Utama PKG Hidayat Nyakman menjelaskan, Brigade Hama merupakan tim khusus dari anak perusahaan PKG, yaitu PT Petrosida Gresik dan PT Petrokimia Kayaku. Brigade itu untuk membantu dan mengawal petani, dalam memerangi berbagai jenis hama. ”Pengawalan kami cukup lengkap. Mulai dari pemupukan, kawalan teknis, dan juga pengendalian hama,” jelas Hidayat.

Dalam acara tersebut, selain dihadiri Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan, turut hadir juga Bupati Grobogan Bambang Pudjiono beserta jajaranya. Harapan bupati, Brigade Hama tidak hanya di Desa Krangganharjo saja, tetapi meluas ke desa-desa lainnya di Grobogan. (Nurokhim / Aries Budi)

http://www.murianews.com/index.php/grobogan/item/2364-kelompok-tani-sri-rejeki-grobogan-dan-pkg-bentuk-brigade-hama-perangi-hama-demi-peningkatan-produktivitas

Berita Terbaru

16 Jan 2021
Pupuk Indonesia Terus Percepat Distribusi ke Gudang dan Kios
16 Januari 2021 22:52 / Humas PG / 32x dilihat
14 Jan 2021
Petrokimia Gresik Himbau Petani Terapkan Pemupukan Berimbang
14 Januari 2021 17:16 / Humas PG / 79x dilihat
07 Jan 2021
Pupuk Indonesia Persiapkan Diri Menghadapi Musim Tanam
07 Januari 2021 16:24 / Humas PG / 195x dilihat
07 Jan 2021
Waspada Covid19 Klaster Keluarga
07 Januari 2021 16:17 / Humas PG / 130x dilihat