Kelompok Tani Sri Rejeki Grobogan dan PKG Bentuk Brigade Hama Perangi Hama Demi Peningkatan Produktivitas

21 Maret 2014 07:17 / http://www.murianews.com / 5827x dilihat

GROBOGAN-Kelompok tani Sri Rejeki membentuk sebuah brigade atau tim, yang bertugas untuk memberantas hama. Tim tersebut dibentuk, bekerjasama dengan PT Petrokimia Gresik (PKG), untuk membasmi hama wereng, belalang, dan tikus yang kerap menyerang tanaman padi milik petani.

Tim bentukan yang diberi nama Brigade Hama itu, langsung beraksi di dalam pencanangan gerakan pengendalian tikus, di Desa Krangganharjo, Kecamatan Totoh, Rabu (19/3). Sebab, dalam beberapa pekan ini, hujan terus mengguyur dan mengakibatkan lahan pertanian rentan diserang hama.

Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan yang hadir dalam pencanangan gerakan pengendalian tikus itu menganggap, kegiatan tersebut dipandang hal yang positif. Pasalnya, jika serangan hama dibiarkan terus menerus, yang dirugikan adalah petani sendiri.

”BUMN juga berperan aktif dalam memperkuat pengadaan dan pengelolaan cadangan beras pemerintah. Sehingga, upaya memberantas hama yang menyerang tanaman padi, merupakan upaya untuk meingkatkan produktivitas tanaman pangan, agar tercapai swasembada pangan,” kata Dahlan.

Sementara, Direktur Utama PKG Hidayat Nyakman menjelaskan, Brigade Hama merupakan tim khusus dari anak perusahaan PKG, yaitu PT Petrosida Gresik dan PT Petrokimia Kayaku. Brigade itu untuk membantu dan mengawal petani, dalam memerangi berbagai jenis hama. ”Pengawalan kami cukup lengkap. Mulai dari pemupukan, kawalan teknis, dan juga pengendalian hama,” jelas Hidayat.

Dalam acara tersebut, selain dihadiri Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan, turut hadir juga Bupati Grobogan Bambang Pudjiono beserta jajaranya. Harapan bupati, Brigade Hama tidak hanya di Desa Krangganharjo saja, tetapi meluas ke desa-desa lainnya di Grobogan. (Nurokhim / Aries Budi)

http://www.murianews.com/index.php/grobogan/item/2364-kelompok-tani-sri-rejeki-grobogan-dan-pkg-bentuk-brigade-hama-perangi-hama-demi-peningkatan-produktivitas

Berita Terbaru

14 Mar 2024
Anugerah BUMN 2024 Petrokimia Gresik Menjadi Anak Perusahaan BUMN Terbaik dalam Transformasi Digital
14 Maret 2024 08:40 / Komunikasi Korporat PG / 393x dilihat
11 Mar 2024
NPK Phonska Plus & Urea Petro Menjadi Merk yang Dipilih dan Direkomendasikan Petani
11 Maret 2024 08:26 / Komunikasi Korporat PG / 756x dilihat
07 Mar 2024
Menyambut Ramadan 1445h, Petrokimia Gresik Salurkan Bantuan Untuk Ratusan Tempat Ibadah dan Lembaga Sosial
07 Maret 2024 11:08 / Komunikasi Korporat PG / 481x dilihat