Dahlan Iskan Ancam Ganti Dirut BUMN, Jika...

26 Juni 2013 14:05 / http://economy.okezone.com / 5490x dilihat

Akbar Dongoran - Okezone

MEDAN – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku akan mengintensifkan kegiatan pencegahan dan pemberantasan korupsi di sector bisnis, baik swasta maupun pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara. KPK pun meminta agar seluruh pihak, khususnya BUMN, dapat ikut serta mendorong upaya pemberantasan korupsi, agar di samping untuk meminimalir kerugian Negara, juga untuk menciptakan iklim usaha yang sehat di antara para pebisnis.

Menanggapi hal tersebut Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku mengapresiasi langkah KPK, untuk secara intensif melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi di BUMN. Ia bahkan meminta seluruh direktur BUMN untuk kooperatif dengan upaya tersebut. Bahkan ia meminta agar dukungan tersebut diwujudkan dengan meningkatkan pengawasan internal, termasuk dengan memperbaiki system yang memungkinkan munculnya tindakan korupsi.

Tak tanggung-tanggung, Mantan Direktur PLN itu memberikan ultimatum kepada direktur BUMN yang terbukti tidak kooperatif. Dahlan menjamin akan segera melakukan penggantian, jika tindakan tak kooperatif itu terbukti.

"Saya pikir semua akan kooperatif. Kita tidak akan alergi atau resisten lagi dengan upaya pemberantasan korupsi. Karena memang kita secara internal pun sudah mengusung itu. Tapi kalau ada yang nyeleneh, berarti tidak ingin lagi jadi direktur, dan minta diganti. Ya kalau saya sederhana aja. Kalau enggak mau ya kita ganti,” tegasnya kepada Okezone di Medan, Senin (24/6/2013) malam.

Dahlan juga mengatakan, saat ini merupakan titik balik bagi BUMN untuk menjadi perusahaan-perusahaan kelas dunia. Semua direktur BUMN sepaham soal itu. Dan tentunya upaya tersebut hanya bisa diwujudkan, jika angka korupsi dapat ditekan hingga seminimal mungkin.

Blue print BUMN kita saat ini adalah perusahaan kelas dunia. Kalau masih korupsi ya enggak mungkin bisa. Tapi kalau satu dua masih ada yang berspekulasi. Makanya kita persilahkan saja. Yang pentingkan tidak terstruktur seperti dulu. Hemat saya budayanya sudah berubah,” tutupnya. (wdi)

Berita Terbaru

18 Apr 2024
Tim Proliga 2024 Voli Putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia Resmi Diluncurkan, Optimis Juara I
18 April 2024 10:40 / Komunikasi Korporat PG / 474x dilihat
06 Apr 2024
Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, Petrokimia Gresik Berangkatkan 200 Pemudik ke Empat Rute di Jawa Timur
06 April 2024 21:35 / Komunikasi Korporat PG / 327x dilihat