Cetak Generasi Muda Unggul Melalui Pagelaran Pencak Silat

13 September 2017 07:16 / Humas PG / 6606x dilihat

PT Petrokimia Gresik (PG) mengadakan Pagelaran Pencak Silat Tradisional di Halaman Gedung Serbaguna Tri Dharma, Selasa 12 September 2017.

Ketua Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) PG, M Sufraday dalam laporannya menyampaikan, pagelaran ini digelar dalam rangka memperingati HUT PG ke-45 dan HUT Kemerdekaan RI ke-72. Pagelaran ini bertujuan untuk melestarikan pencak silat yang merupakan seni budaya asli Indonesia.

"Pencak silat tak hanya sebagai bela diri, tapi juga merupakan olahraga prestasi. Untuk itu, pencak silat perlu mendapat perhatian dan ditumbuhkembangkan baik di tingkat daerah, provinsi maupun nasional.," ujarnya.

Persaudaraan pencak silat di Gresik ini patut dibanggakan, karena konsisten berperan aktif sebagai pelopor terselenggaranya wadah silaturahmi antarperkumpulan ini. Diharapkan kegiatan ini bisa terus ditingkatkan sehingga dapat mempererat persaudaraan antarperkumpulan pencak silat di Kota Santri ini.

Keluarga pencak silat memiliki peranan penting dalam membentuk sikap mental dan kualitas diri generasi muda yang unggul dan berbudi luhur. Keluarga pencak silat menjadi wadah untuk ikut membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan kedisiplinan, sehingga mencetak generasi muda berjiwa kesatria.

Selain dilombakan, seni bela diri dengan pertarungan ini juga memiliki sisi keindahan dan estetika. Pencak silat memiliki nilai penting untuk memupuk jiwa sportifitas, membentuk kepribadian, mengendalikan emosi, dan membangun rasa percaya diri.

Dalan pagelaran pencak silat yang digelar PG tahun ini, akan tampil sebanyak 34 perkumpulan. Puluhan perkumpulan itu berasal dari Kecamatan Gresik 20 perkumpulan, Kebomas 6 perkumpulan, dan 8 perkumpulan dari Kecamatan Manyar.

"Kegiatan ini akan digelar tiap tahun. Tujuan lainnya ingin menciptakan hubungan harmonis antara perusahaan dengan masyarakat," ujarnya.

Acara ini juga dihadiri Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Gresik, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Gresik, dan sejumlah pimpinan perguruan pencak silat.*/isp.-

Berita Terbaru

24 Mar 2024
Petrokimia Volleyball Academy Menjadi Tim Putri Pertama yang Menjuarai Nusantara Cup
24 Maret 2024 20:50 / Komunikasi Korporat PG / 780x dilihat
22 Mar 2024