Budaya K3 Harus Ditingkatkan

04 Februari 2014 10:48 / Humas PKG / 2250

Pelaksanaan

kegiatan lomba K3 di PT Petrokimia Gresik (PKG), Senin kemarin (03/02/14)

dibuka secara resmi oleh Direktur Produksi PKG, Nugroho Christijanto. Kegiatan lomba

K3 yang dilaksanakan dalam rangka kampanye Bulan K3 Nasional tahun 2014 ini

meliputi lomba PMK-PPGD beregu 8 orang dengan komandan regu minimal pejabat

eselon III, breathing apparatus (BA), cerdas cermat, karya tulis, poster, ide

kreatif, jargon, dan stop merokok.

Berdasarkan laporan Manager LK3 PKG, Nanang TS, lomba K3 tahun ini diikuti oleh 66 tim, dengan rincian 44 tim dari unit kerja internal PKG, dan 12 tim dari kontraktor dan perusahaan rekanan PKG. Dibandingkan tahun 2013, tim peserta lomba K3 tahun 2014 yang mengusung jargon “Bangga Berbudaya K3” ini mengalami kenaikan sekitar 27 persen.

Tujuan lomba ini untuk meningkatkan peran aktif semua komponen SDM perusahaan dalam pelaksanaan seluruh aspek dan norma K3 di PKG secara konsisten, dalam rangka meningkatkan dan internalisasi budaya K3 perusahaan kepada semua SDM yang bekerja di PKG. Pelaksanaan lomba melibatkan karyawan dari seluruh unit kerja, anak perusahaan, kontraktor, serta siswa dan mahasiswa praktek di lingkungan PKG.

Direktur Produksi (Dirprod), Nugroho Christijanto, dalam sambutannya menghimbau kepada kita semua untuk selalu memperhatikan K3 dalam melakukan aktivitas sehari-hari, serta selalu melakukan upaya-upaya konkrit dalam pelaksanaan K3 untuk mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja, sehingga target nihil kecelakaan (zero accident), dan peningkatan kinerja K3 perusahaan tiap tahun bisa tercapai.

Dalam rangka pencapaian program zero accident dan peningkatan kinerja K3, PKG telah dan selalu melaksanakan berbagai usaha dan kegiatan edukatif, promotif, dan preventif. Hal tersebut dilakukan baik untuk kepentingan perusahaan, masyarakat, rekanan, keluarga, maupun individu.

Menurut Nugroho Christijanto, kalau hanya sekedar taat saja dengan K3 itu sudah lewat, yang lebih penting adalah harus melaksanakan dan membudayakan K3 dalam kehidupan sehari-hari. “Persiapan diri dalam pelaksanaan K3 dalam kehidupan sehari-hari harus lebih diperhatikan. Jangan hanya siap saat mau ikut lomba K3 saja”, tegasnya.

Pembukaan pelaksanaan lomba K3 di PKG ini ditandai dengan penekanan sirene secara bersama oleh Dirprod Nugroho Christijanto, GM Teknologi, Nursalim, dan Manager LK3, Nanang TS. Dirprod juga menyerahkan penghargaan ‘Stop Merokok’ kepada Yulianto yang telah berhasil berhenti merokok sejak tahun 2007. Yulianto adalah Staf Dep. Perjaka, kantor perwakilan PKG yang berada di Jakarta.

Acara yang berlangsung di fire ground ini juga dihadiri oleh pejabat Disnaker, pejabat Dinas PU & PMK Kabupaten Gresik, guru dan siswa SMK Cerme serta SMAN 1 Manyar Gresik.

Tema pelaksanaan Bulan K3 Nasional 2014 ini adalah ‘Wujudkan Budaya K3 Untuk Menjamin Stabilitas Usaha Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional’ (Hartono)


Berita Terbaru

Petrokimia Gresik Boyong Lima Penghargaan Sekaligus Dalam Ajang APQO
17 Oct 2019
Petrokimia Gresik Boyong Lima Penghargaan Sekaligus Dalam Ajang APQO
17 Oktober 2019 17:05 / Humas PG / 27
Petrokimia Gresik Raih Platinum Dalam Perlindungan Konsumen
17 Oct 2019
Petrokimia Gresik Raih Platinum Dalam Perlindungan Konsumen
17 Oktober 2019 16:57 / Humas PG / 34
Petrokimia Gresik Jalin Kerja Sama Dengan Polda Jatim
11 Oct 2019
Petrokimia Gresik Jalin Kerja Sama Dengan Polda Jatim
11 Oktober 2019 14:01 / Humas PG / 80
Petrokimia Gresik Teken Kerja sama Dengan PEPI
10 Oct 2019
Petrokimia Gresik Teken Kerja sama Dengan PEPI
10 Oktober 2019 08:26 / Humas PG / 74