Indonesian Conference & Competition Occupational Safety and Health (ICC-OSH) 2023 Petrokimia Gresik Borong Enam Penghargaan Kategori "4 STARS" Untuk Inovasi Di Bidang Safety

31 Mei 2023 12:02 / Komunikasi Korporat PG / 2735x dilihat

Inovasi dalam penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau safety di Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, berhasil memborong enam penghargaan sekaligus dengan kategori "4 Stars" dalam ajang Indonesian Conference & Competition Occupational Safety and Health (ICC-OSH) 2023 di Malang, Jawa Timur, baru-baru ini.

Penghargaan ini diraih oleh empat gugus Petrokimia Gresik, yaitu Gugus Inovasi Operasional (GIO) SAVE US, Sistem Saran (SS) Angin Segar, SS Dynamic Vortex, dan GIO Lingfos. Sementara untuk dua penghargaan berikutnya diraih oleh dua gugus dari Petrokimia Gresik Grup, antara lain Warior dan Sulpro.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo dikonfirmasi, Selasa (30/5) menyampaikan bahwa, disiplin dalam menerapkan K3 serta inovasi di bidang K3 menjadi salah satu implementasi dari komitmen Petrokimia Gresik untuk menjaga kelancaran penyaluran pupuk bersubsidi ke berbagai daerah di Indonesia.

"Petrokimia Gresik adalah Objek Vital Nasional (Obvitnas) yang tidak boleh berhenti operasional bisnisnya karena dapat mempengaruhi stabilitas negara. Sehingga penerapan K3 adalah keniscayaan yang tidak bisa ditawar," ujar Dwi Satriyo.

Sebagai informasi, Petrokimia Gresik tahun 2023 ini mendapat tanggung jawab paling besar dalam penyaluran pupuk bersubsidi diantara anggota holding Pupuk Indonesia, yaitu 3.123.354 ton atau hampir 40 persen dari total alokasi pupuk bersubsidi yang dialokasikan Pemerintah.

Sementara di bidang penjualan komersial, Dwi Satriyo menjelaskan jika penerapan K3 adalah instrumen penting bagi Petrokimia Gresik untuk melindungi konsumen melalui ketersediaan pupuk berkualitas di saat musim tanam. Ketersediaan pupuk di saat petani membutuhkan akan berdampak pada peningkatan hasil panen dan kesejahteraan petani.

"Dengan inovasi K3, Petrokimia Gresik dapat memitigasi potensi risiko yang ada. Proses perusahaan dalam menghasilkan produk berkualitas untuk petani juga semakin terjamin," tandasnya.

Terakhir, Dwi Satriyo mengungkapkan jika dalam beberapa program K3 di perusahaan, Petrokimia Gresik juga melibatkan masyarakat sekitar, seperti di pelaksanaan Bulan K3 beberapa waktu lalu. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kolaborasi yang sinergis dengan masyarakat sekitar dalam bersama menjaga ketahanan pangan nasional.

"Kesadaran K3 tidak hanya dibangun Petrokimia Gresik untuk karyawan, tapi juga bagi masyarakat sekitar, sehingga penerapan K3 semakin optimal," pungkas Dwi Satriyo.

Sementara itu, ICC-OSH 2023 merupakan ajang tingkat nasional untuk mendemonstrasikan keunggulan dalam penerapan Sistem Manajemen K3 di era digitalisasi. Berbagai perusahaan BUMN dan swasta dari seluruh Indonesia ikut berkompetisi untuk unjuk gigi atas penerapan K3 yang optimal dari masing-masing perusahaan.

Lampiran
FileTipeUkuranUnduh
Indonesian Conference Competition Occupational Safety and Health ICC OSH 2023 PETROKIMIA GRESIK BORONG ENAM PENGHARGAAN KATEGORI 224 STARS22 UNTUK INOVASI DI BIDANG SAFETY pdf 213 KB Unduh

Berita Terbaru

08 Jun 2024
Peringati Hari Lingkungan Hidup, Petrokimia Gresik Komitmen Perangi Sampah Plastik
08 Juni 2024 07:53 / Komunikasi Korporat PG / 101x dilihat
04 Jun 2024
Petrokimia Gresik Hadirkan Program TJSL Solutif untuk Kesejahteraan Masyarakat yang Berkelanjutan
04 Juni 2024 08:33 / Komunikasi Korporat PG / 125x dilihat
03 Jun 2024