Hannover Messe 2023 Inovasi Digital Petrokimia Gresik Kembali Dipamerkan di Kancah Internasional

19 April 2023 13:54 / Komunikasi Korporat PG / 344x dilihat

Empat Inovasi Digital Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia dipamerkan pada event internasional, Hannover Messe (HM) 2023 tanggal 17-21 April 2023 di Hannover Fairground, Jerman. Keempatnya adalah Human Capital Development (HCDev), Petrokimia Gresik Port Information System (Petroport), System Scheduling Truck Online (Sistro), dan Petro Balancing.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menyampaikan bahwa, keikutsertaan Petrokimia Gresik di Hannover Messe 2023 ini merupakan tahun kedua. Semua inovasi yang dipamerkan harus lolos kurasi, sehingga empat aplikasi digital Petrokimia Gresik yang mendapat kesempatan dipamerkan ini adalah yang terbaik.

"Ini bukti jika digitalisasi Petrokimia Gresik tidak hanya mampu memberikan nilai tambah bagi Petrokimia Gresik dalam menjalankan operasional bisnisnya. Pada kesempatan ini, inovasi Petrokimia Gresik telah mendapatkan apresiasi di level internasional," ujar Dwi Satriyo.

HCDev adalah platform administrasi digital yang telah terintegrasi dengan Platform Digital Learning Petrokimia Gresik, yaitu Enterprise University (EU), Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR) dan 360 Plant Facility Learning. Virtual Reality Learning sendiri merupakan sebuah inovasi pelatihan interaktif melalui pemanfaatan teknologi virtual reality guna memberikan tingkat pemahaman materi yang lebih baik dengan membuat peserta merasa berada dalam situasi riil.

Tujuan dikembangkan Virtual Reality Learning adalah sebagai salah satu fasilitas pelatihan bagi karyawan baru Petrokimia Gresik yang sedang menjalani masa OJT (On Job Training).

Saat ini, Virtual Reality Learning telah mencakup 18 mesin di Pabrik NPK yang terdiri dari 187 skenario pekerjaan pemeliharaan di Pabrik NPK. Keunggulan yang diperoleh dari pelaksanaan VR Learning ini adalah dapat menimialisasi kecelakaan saat pelatihan yang tentu tidak diinginkan. Kemudian, VR juga dapat memangkas anggaran karena perusahaan tidak perlu khawatir apabila karyawan melakukan kesalahan yang mengakibatkan kerusakan pada mesin.

Terdapat 8.000 user lebih yang telah menggunakan Virtual Reality Learning, yang berasal dari Internal Petrokimia Gresik maupun eksternal (mahasiswa dan siswa magang yang berasal lebih dari 85 instansi pendidikan).

"Dengan adanya virtual reality learning, pengguna dapat mempelajari alat-alat kritis kapanpun tanpa menunggu waktu pemeliharaan tahunan. Tentunya dengan risiko yang minimal," ujar Dwi Satriyo.

Kedua, Petroport adalah sebuah sistem berbasis web dan aplikasi mobile yang memiliki fungsi pengawasan, pencatatan, pelaporan serta penentuan rekomendasi keputusan secara digital dan otomatis (automatic decision systems) yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja bongkar muat Pelabuhan Petrokimia Gresik.

Petroport berhasil memberikan added value bagi perusahaan, yaitu dengan menyediakan informasi yang akurat dan realtime kepada seluruh stakeholder, memberikan penghematan biaya logistik serta optimalisasi kinerja bongkar muat di pelabuhan.

Ketiga, SISTRO merupakan sistem penjadwalan truk secara online (aplikasi berbasis web) dengan menyinkronkan antara kedatangan truk, kemampuan muat, dan kapasitas produksi pabrik. Sebelum ada SISTRO, semua proses order truk ke rekanan untuk distribusi pupuk ke Gudang Penyangga Jawa-Bali masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mengirimkan Purchase Order (PO) melalui email dan di-follow uplebih lanjut melalui telepon. Sekarang dengan adanya SISTRO, proses distribusi pupuk lebih cepat dan tertata dengan baik.

Terakhir, Petro Balancing merupakan aplikasi yang diciptakan untuk mempermudah dan mempersingkat waktu proses balancing peralatan pabrik yang berputar. Selama ini proses mencari kondisi unbalancing dilakukan secara manual menggunakan kertas grafik. Aplikasi ini mampu menggantikan peran kertas grafik tersebut sehingga lebih cepat dan presisi.

"Petrokimia Gresik siap melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan pemerintah, yaitu memproduksi pupuk sesuai penugasan dan memastikan distribusinya. Upaya ini terus kami optimalkan dengan digitalisasi yang semakin mendorong hasil yang lebih optimal,” tutup Dwi Satriyo.

Sementara itu, pembukaan Hannover Messe 2023, Minggu (16/4) dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dan Menteri BUMN, Erick Thohir. Event ini merupakan salah satu ajang pameran industri terbesar di dunia, dan menjadi media untuk adu kemajuan teknologi yang diikuti oleh ratusan perusahaan dari berbagai negara di dunia.

Lampiran
FileTipeUkuranUnduh
Hannover Messe 2023 INOVASI DIGITAL PETROKIMIA GRESIK KEMBALI DIPAMERKAN DI KANCAH INTERNASIONAL pdf 216 KB Unduh

Berita Terbaru

31 May 2023
Menteri Pertanian Tinjau Kesiapan Program "Smart Precision Farming" Inisiasi Petrokimia Gresik
31 Mei 2023 14:00 / Komunikasi Korporat PG / 96x dilihat
27 May 2023
Tingkatkan Kesehatan Melalui Pemanfaatan TOGA
27 Mei 2023 12:29 / Komunikasi Korporat PG / 32x dilihat