Tata Kelola CSR Petrokimia Gresik Pertahankan Prestasi "TOP CSR 2023 #STARS 5"

13 Juni 2023 15:00 / Komunikasi Korporat PG / 3679x dilihat

Implementasi tata kelola Corporate Social Responsibility (CSR) Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia kembali mendapatkan skor excellent atau TOP CSR 2023 #Stars 5 yang merupakan penghargaan tertinggi di ajang TOP CSR AWARD. Penghargaan secara simbolis diterima oleh Senior Vice President (SVP) Umum Petrokimia Gresik, Jogi Krisdianto mewakili Direksi di Jakarta, beberapa waktu lalu. Atas capaian tersebut, Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo juga kembali dinobatkan sebagai TOP LEADER on CSR Commitment 2023.

Terpisah, Dwi Satriyo menyampaikan bahwa, CSR merupakan implementasi dari komitmen Petrokimia Gresik untuk maju bersama masyarakat, sehingga tercipta hubungan harmonis. Perusahaan menyadari, keberlangsungan bisnis Petrokimia Gresik selama 51 tahun ini tidak lepas dari dukungan masyarakat, yang keberadaannya kini berdampingan langsung dengan Petrokimia Gresik.

"Implementasinya, program CSR Petrokimia Gresik banyak melibatkan kelompok masyarakat, ibu-ibu, generasi muda yang ada di sekitar perusahaan. Dan semangat utama dari berbagai program CSR Petrokimia Gresik adalah memberdayakan masyarakat agar mandiri secara sosial, ekonomi dan lingkungan," tandas Dwi Satriyo.

Program CSR Petrokimia Gresik dirumuskan dengan melihat kondisi lingkungan dan kebutuhan masyarakat. Sehingga keberadaannya benar-benar dirasakan manfaatnya secara berkelanjutan.

"Agar manfaat yang dirasakan benar-benar nyata, kami dalam setiap program CSR juga melakukan pendampingan, monitoring dan evaluasi, sampai penerima manfaat bisa mandiri dalam pengelolaannya," ungkap Dwi Satriyo.

Adapun salah satu program CSR andalan Petrokimia Gresik yang mengantarkan raihan Stars 5 diantaranya adalah Program Literasi atau Lingkungan Peternakan Sapi Terintegrasi. Kegiatan CSR ini mengoptimalkan keberadaan para peternak sapi yang ada di Desa Sumbersari, Lamongan dengan pemberdayaan masyarakat dari hulu hingga ke hilir, yaitu membangun eksosistem smart agrobisnis yang mampu menciptakan solusi resiko pertanian dan peternakan melalui asuransi dan tabungan berbasis limbah.

"Literasi juga mendukung keberlanjutan perusahaan dikarenakan dalam kegiatannya terdapat pemanfaatan produk perusahaan baik produk pupuk maupun nonpupuk dan adanya transfer pengetahuan masyarakat atas pemanfaatan limbah kotoran untuk menjadi media tanam organik," pungkasnya.

Sementara itu, penghargaan TOP CSR AWARDS diberikan kepada perusahaan dengan 5 tingkatan Star, yang dinilai berdasarkan keselarasan inisiatif CSR terhadap strategi bisnis perusahaan, kemudian tingkat adopsi kebijakan dan program CSR terhadap ketentuan ISO 26000:2010 Social Responsibility, sistem tata kelola CSR, tingkat adopsi CSR terhadap konsep CSV (Creating Shared Value atau berbagi manfaat bersama dengan para pemangku kepentingan) dan adanya program CSR unggulan yang dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain. Sebelumnya Petrokimia Gresik juga mendapatkan Stars 5 di ajang yang sama tahun 2022.

Lampiran
FileTipeUkuranUnduh
TATA KELOLA CSR PETROKIMIA GRESIK PERTAHANKAN PRESTASI 22 TOP CSR 2023 STARS 5 pdf 215 KB Unduh

Berita Terbaru

18 Apr 2024
Tim Proliga 2024 Voli Putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia Resmi Diluncurkan, Optimis Juara I
18 April 2024 10:40 / Komunikasi Korporat PG / 1491x dilihat
06 Apr 2024
Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, Petrokimia Gresik Berangkatkan 200 Pemudik ke Empat Rute di Jawa Timur
06 April 2024 21:35 / Komunikasi Korporat PG / 405x dilihat