Ramaikan HUT Kemerdekaan RI, Petrokimia Gresik Gelar Jalan Sehat Sekaligus Berdayakan UMKM Sekitar Perusahaan

21 Agustus 2023 16:12 / Komunikasi Korporat PG / 1407x dilihat

Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 sekaligus ulang tahunnya yang ke-51, Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia menggelar jalan sehat di Gresik, Jawa Timur, Minggu (20/8). Kegiatan ini sekaligus menjadi wujud dari komitmen perusahaan untuk memberdayakan UMKM sekitar perusahaan.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menyampaikan bahwa acara jalan sehat bertajuk "Fun Walk Keluarga Besar Petrokimia Gresik" ini diikuti oleh karyawan bersama keluarga, dengan total lebih dari 2.000 peserta. Dalam kegiatan ini juga disiapkan sebanyak 28 stand bazar yang diikuti oleh UMKM sekitar perusahaan.

"Setiap karyawan mengajak istri, suami serta anak-anak mereka. Tentu ini menjadi pasar yang potensial bagi UMKM, khususnya yang menjual jajanan," ujar Dwi Satriyo.

Adapun rute jalan sehat ini diawali dari GOR Tri Dharma kemudian melintasi Jalan Ahmad Yani, Perumahan Dinas Petrokimia Gresik dan kembali lagi ke SOR Tri Dharma. Sementara UMKM yang terlibat dalam kegiatan ini delapan diantaranya adalah anggota dari Kelompok Jajanan Masyarakat Sekitar (Lontar) yang merupakan binaan Petrokimia Gresik, dan 20 dari UMKM yang berada di bawah naungan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Petrokimia Gresik.

Selain itu, dalam stand bazar juga disediakan Playground untuk tempat bermain anak-anak dari peserta jalan sehat. Stand ini juga dihadirkan dari salah satu UMKM yang ada di sekitar perusahaan.

"Petrokimia Gresik memiliki kepedulian yang besar terhadap UMKM, beberapa kegiatan ulang tahun perusahaan banyak yang melibatkan UMKM, dan komitmen inj kami realisasikan dari tahun ke tahun," terangnya.

Sementara, peserta bazar, Afidha sekaligus anggota Lontar dari Kelurahan Ngipik, mengungkapkan bahwa kegiatan jalan sehat ini juga memberikan manfaat bagi UMKM sekitar perusahaan melalui stand bazar yang disediakan.

"Alhamdulillah jajanan kami habis semua. Kami berharap kegiatan ini berlanjut, dalam setiap kegiatan di Petrokimia Gresik selalu melibatkan UMKM," tandasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ani, anggota Lontar dari Kelurahan Sukorame. Ia menyampaikan terima kasih karena beberapa event HUT Petrokimia Gresik juga melibatkan UMKM sekitar perusahaan.

"Kepedulian perusahaan memberikan manfaat bagi kami. Kami berterima kasih karena dagangan kami, berbagai macam jajanan habis hari ini. Sudah pasti akan menambah income bagi kami," ungkapnya.

Berikutnya, salah satu peserta jalan sehat, Iwan Febrianto menilai acara ini cukup asyik, karena juga melibatkan UMKM sekitar perusahaan meskipun kegiatan ini merupakan acara internal.

"Saya senang acara ini tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga bisa belanja, kita bisa memberdayakan UMKM yang ada di sekitar Petrokimia Gresik," ujarnya singkat.

Terakhir, Dwi Satriyo menambahkan, jalan sehat ini menjadi upaya perusahaan untuk menjaga derajat kesehatan karyawan bersama keluarga, sehingga kinerja karyawan semakin optimal. Selain itu jalan sehat ini juga menjadi media perusahaan untuk memperkuat hubungan harmonis antarkarayawan, termasuk juga antarkeluarga. Sehingga akan mendorong produktivitas bagi Petrokimia Gresik.

"Momen ini dapat meningkatkan semangat kebersamaan, mempererat solidaritas dan kekeluargaan yang ada di lingkungan Petrokimia Gresik. Seperti kita ketahui, kolaborasi dan kerja sama yang kuat setiap individu perusahaan menjadi kunci utama keberhasilan Petrokimia Gresik," pungkasnya.

Lampiran
FileTipeUkuranUnduh
RAMAIKAN HUT KEMERDEKAAN RI PETROKIMIA GRESIK GELAR JALAN SEHAT SEKALIGUS BERDAYAKAN UMKM SEKITAR PERUSAHAAN pdf 217 KB Unduh

Berita Terbaru

06 Apr 2024
Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, Petrokimia Gresik Berangkatkan 200 Pemudik ke Empat Rute di Jawa Timur
06 April 2024 21:35 / Komunikasi Korporat PG / 238x dilihat
03 Apr 2024