Program TJSL Petrokimia Gresik Raih Empat Penghargaan di Ajang "TJSL & CSR Award 2023"

15 Agustus 2023 17:08 / Komunikasi Korporat PG / 1351x dilihat

Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia mendapatkan apresiasi stakeholder melalui empat penghargaan sekaligus di ajang "3th TJSL & CSR Award 2023". Penghargaan secara simbolis diterima oleh Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo yang diwakili oleh Senior Vice President (SVP) Umum Petrokimia Gresik, Jogi Krisdianto beberapa waktu lalu.

Keempat penghargaan tersebut antara lain dua Platinum Winner untuk Pilar Ekonomi dan Pilar Lingkungan, serta Gold Winner pada kategori Pilar Sosial. Capaian tersebut sekaligus mengantarkan Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo, sebagai "The Most Committed CEO of BUMN on TJSL".

"Penghargaan ini diraih Petrokimia Gresik karena program TJSL perusahaan dinilai inline dengan empat pilar pembangunan, yaitu pilar sosial, ekonomi, lingkungan, hukum dan tata kelola. Selain itu juga mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan," ujar Dwi Satriyo.

Adapun program TJSL Petrokimia Gresik yang menjadi penilaian di ajang ini adalah Mangga, Literasi, dan Kalam Mangrove. Ketiganya juga telah banyak membawa prestasi di berbagai event nasional.

Mangga yang merupakan akronim dari Mitra Kebanggaan merupakan program pengembangan UMKM. Mangga adalah transformasi dari program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) sejak tahun 1984.

Melalui Mangga, Petrokimia Gresik tidak hanya memberikan bantuan permodalan, tapi juga pembinaan dan pendampingan para pelaku UMKM dari berbagai daerah.

Petrokimia Gresik tahun 2022 telah membantu 631 UMKM yang tersebar di Jawa Timur, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta dan sekitarnya, dengan penyaluran dana bergulir mencapai Rp41,8 miliar.

Sementara program Literasi atau Lingkungan Peternakan Sapi Terintegrasi mengoptimalkan keberadaan para peternak sapi yang ada di Desa Sumbersari, Kabupaten Lamongan dengan pemberdayaan masyarakat dari hulu hingga ke hilir. Literasi membangun ekosistem smart agrobisnis yang mampu menciptakan solusi risiko pertanian dan peternakan melalui asuransi dan tabungan berbasis limbah.

"Literasi juga mendukung keberlanjutan perusahaan dikarenakan dalam kegiatannya terdapat pemanfaatan produk perusahaan baik produk pupuk maupun nonpupuk dan adanya transfer pengetahuan masyarakat atas pemanfaatan limbah kotoran untuk menjadi media tanam organik," terangnya.

Terakhir adalah pengembangan wisata konservasi Mangrove Kali Lamong (Kalam Mangrove). Perusahaan bersama masyarakat Desa Sukorejo Kabupaten Gresik berupaya mengubah kawasan sempadan sungai Kali Lamong dari semula hanya sebagai tempat pembuangan sampah menjadi ekowisata mangrove yang nyaman untuk dikunjungi.

Dwi Satriyo menjelaskan, TJSL merupakan implementasi dari komitmen Petrokimia Gresik untuk maju bersama masyarakat, sehingga tercipta hubungan harmonis. Perusahaan menyadari, keberlangsungan bisnis Petrokimia Gresik selama 51 tahun ini tidak lepas dari dukungan masyarakat, yang keberadaannya kini berdampingan langsung dengan Petrokimia Gresik.

"Semangat utama dari berbagai program TJSL Petrokimia Gresik adalah memberdayakan masyarakat agar mandiri secara sosial, ekonomi dan lingkungan," tandas Dwi Satriyo.

Sementara, TJSL dan CSR Award 2023 merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh BUMN Track. Tahun ini adalah keikutsertaan Petrokimia Gresik yang ketiga, dimana setiap tahunnya selalu membawa pulang penghargaan. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi tertinggi bagi BUMN dan anak perusahaan BUMN yang telah menjalankan praktik TJSL dan CSR terbaik. Program ini sekaligus memberikan rekomendasi kepada perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas program TJSL dan CSR demi tercapainya program pembangunan berkelanjutan.

Lampiran
FileTipeUkuranUnduh
PROGRAM TJSL PETROKIMIA GRESIK RAIH EMPAT PENGHARGAAN DI AJANG 22 TJSL CSR AWARD 202322 pdf 219 KB Unduh

Berita Terbaru

06 Apr 2024
Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, Petrokimia Gresik Berangkatkan 200 Pemudik ke Empat Rute di Jawa Timur
06 April 2024 21:35 / Komunikasi Korporat PG / 239x dilihat
03 Apr 2024