Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Petrokimia Gresik Buka Rangkaian Peringatan dengan Edukasi Pengelolaan Sampah Bagi 50 Pelajar SD

06 Juni 2023 17:37 / Komunikasi Korporat PG / 1443x dilihat

Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang jatuh pada hari Senin (5/6) dengan menggelar edukasi pengelolaan sampah sejak dini bagi anak Sekolah Dasar (SD) di Gresik, Jawa Timur.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo diwakili Vice President (VP) Lingkungan, Liliek Harmianto menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Petrokimia Gresik terhadap lingkungan khususnya di wilayah Kabupaten Gresik.

"Edukasi pengelolaan sampah hari ini menjadi kegiatan pembuka, ini menjadi upaya kita mengenalkan dan membangun kesadaran peduli lingkungan sejak usia dini kepada siswa-siswi SD," ujar Liliek.

Kegiatan edukasi diikuti oleh 50 pelajar dari delapan SD peraih Adiwiyata yang ada di sekitar perusahaan. Sekolah-sekolah ini memang sudah memiliki komitmen yang tinggi dalam pengelolaan lingkungan.

"Kami berharap kegiatan ini dapat mendidik masyarakat sejak usia dini dan bisa terus berlanjut untuk menciptakan generasi muda yang inovatif dan solutif terhadap permasalahan lingkungan hidup," tandasnya.

Edukasi pengelolaan sampah digelar langsung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ngipik. Peserta dilatih untuk memilah sampah plastik, organik dan anorganik sehingga dapat ditentukan untuk perlakuan lebih lanjut pada sampah hasil pilahan. Kegiatan ini dilanjutkan dengan pembuatan pupuk kompos, pembudidayaan maggot, pembuatan Eco Enzym dan penanaman pohon di TPA Ngipik.

"Kami memberikan pembekalan pengelolaan sampah, komposting kepada anak-anak sejak usia dini. Harapannya bisa menjadi habit bagi mereka, dan diterapkan langsung di lingkungan sekolah maupun rumah. Sehingga menginspirasi bagi teman-teman serta keluarganya," tutup Liliek.

Sementara itu, kegiatan ini dihadiri oleh Pejabat Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala UPT TPA Ngipik dan Guru Pendamping.

Selain kegiatan ini, program Petrokimia Gresik dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dilanjutkan dengan CHARITREE (Challenges Donasi Pohon X Viral); ENCHALL (Lomba KTI mahasiswa seluruh Indonesia); Penanaman Pohon Langka di SOR PT Petrokimia Gresik; Penandatangan Employee Green Behaviour (EGB), serta Grebek Sampah Plastik di Pasar Gresik bersama DLH.

Lampiran
FileTipeUkuranUnduh
PERINGATI HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA PETROKIMIA GRESIK BUKA RANGKAIAN PERINGATAN DENGAN EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH BAGI 50 PELAJAR SD pdf 213 KB Unduh

Berita Terbaru

08 May 2024
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin Apresiasi Program TJSL Petrokimia Gresik di Ajang "CSR & PDB Award 2024"
08 Mei 2024 18:51 / Komunikasi Korporat PG / 218x dilihat
02 May 2024
Pengelolaan Komunikasi Petrokimia Gresik Kembali Mendapat Apresiasi di Tingkat Nasional
02 Mei 2024 15:35 / Komunikasi Korporat PG / 965x dilihat
30 Apr 2024