Terserang Tomcat? Ini Dia Solusi yang Pas

21 Maret 2012 08:30 / www.republika.co.id / 11859x dilihat

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA---Serangan serangga tomcat sebenarnya tak perlu terlalu dicemaskan. Cara untuk terhindar dari infeksi toksin hewan itu pun sangat mudah. Berikut adalah tips dari Alex Siajaya, Kepala Bidang Pertanian dan Kehutanan Pemerintah Kota Surabaya:

Jangan ditepuk

Bila ada tomcat yang hinggap di tubuh, jangan sesekali mencoba mengusir dengan menepuknya. Pasalnya, jika itu dilakukan, tomcat akan mengeluarkan racun.

Goyangkan tubuh

Untuk menjatuhkan tomcat, cukup menggoyangkan bagian badan hingga serangga itu terjatuh. Kemudian barulah menginjaknya hingga mati menggunakan alas kaki. Dengan begitu tomcat tidak akan mengeluarkan toksin-nya.

Bersihkan sisa tomcat

Setelah berhasil dimatikan dengan diinjak, seseorang harus langsung membersihkan noda yang ada di lantai, agar toksin yang ada tidak tersentuh.

Luka basah jangan kena sinar matahari

Jika seseorang sudah terlanjur terkena infeksi sehingga menyebabkan luka, jangan sampai luka yang masih basah terkena sinar matahari. Hal ini dapat menyebabkan bekas hitam dari luka sulit dihilangkan.

Bilas dengan air dan sabun

Bila telanjur kena toksin, segera membilasnya dengan air serta sabun. Baru kemudian gunakan salep anti gatal.

Salep

Untuk salep yang direkomendasikan adalah salep Acyclovir 5 persen yang bisa didapatkan di toko obat atau apotek terdekat.

Redaktur: Endah Hapsari
Reporter: satria kartika yudha
Har.

Berita Terbaru

24 Mar 2024
Petrokimia Volleyball Academy Menjadi Tim Putri Pertama yang Menjuarai Nusantara Cup
24 Maret 2024 20:50 / Komunikasi Korporat PG / 790x dilihat
22 Mar 2024