Upaya Untuk Mewujudkan Surplus Beras 10 Juta Ton

27 Juni 2013 14:37 / Humas PKG / 5586x dilihat

Panen raya tanaman padi program Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi (GP3K) di Desa Bandung, Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen Jawa Tengah, Senin kemarin (24/6/2013) dilakukan oleh Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan. Panen padi varietas Ciherang di area pertanian yang menggunakan irigasi teknis ini secara bersamaan juga dilakukan oleh Bupati Sragen Agus Fatchurrahman, Direktur Utama (Dirut) PT Petrokimia Gresik (PKG) Hidayat Nyakman, Dirut PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (PSP) Musthofa, dan Dirut PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) Arifin Tasrif.

Formula penggunaan pupuk yang digunakan dalam program tersebut adalah 500 kg pupuk organik/Petroganik, 300 kg pupuk NPK Phonska, dan 200 kg pupuk Urea untuk setiap hektarnya. Estimasi hasil panen kali ini sebesar 7,5 ton per hektarnya. Pelaksanan program GP3K di Kabupaten Sragen ini adalah PT Pusri, serta melibatkan 3 distributor, 119 kelompok tani, dan 25 desa di empat kecamatan.

Pada kesempatan tersebut, meneg BUMN Dahlan Iskan memberikan apresiasi kepada petani yang ikut program GP3K bersama perusahaan BUMN. Menurutnya, petani yang melaksanakan program GP3K bersama perusahaan BUMN mampu menghasilkan produksi yang melimpah. Petani mendapatkan pupuk yang pas dan bibit unggul yang berkualitas, sehingga produksi meningkat. Program ini sebagai upaya untuk mewujudkan surplus beras nasional sebesar 10 juta ton.

“Petani sekarang tidak lagi menyerah pada keadaan, pemerintah melalui perusahaan BUMN seperti PT Pusri dan Petrokimia (PT Petrokimia Gresik-red) membantu petani menyediakan pupuk yang pas dan bibit unggul, sehingga produksi mereka lebih baik, ada peningkatan”, kata Dahlan Iskan. Menurutnya, kabupaten Sragen Jawa Tengah ini merupakan salah satu lumbung padi Nasional yang harus dipertahankan, dan ditingkatkan terus produksinya.

Kegiatan panen raya kemudian dilanjutkan dengan acara “Apresiasi Kepada Petani Program GP3K” bertempat di balai Desa Bandung, Kecamatan Ngrampal. Acara yang berlangsung gayeng ini dihadiri lebih dari 1000 petani, tim Brigade Hama, dan pejabat dari unit kerja setempat yang terkait. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur Komersil PKG Nugroho Purwanto, dan Direktur Pemasaran PT Pusri Bambang Lesmoko.

Acara apresiasi diisi dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang Lomba Asah Terampil Kelompok Tani Pelaksana GP3K tingkat Kabupaten Sragen yang telah dilaksanakan pada tanggal 20-21 Juni 2013. Lomba-lomba tersebut meliputi Kuis Tani/Asah Terampil, Ngiles, Tebak Ubinan, Lomba Produktivitas di Desa Bandung, Lomba Produktivitas di Kecamatan Ngrampal, dan Lomba Pengendalian Hama Terpadu Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen (Hartono)