Untuk Memudahkan Pengawasan

02 November 2011 09:38 / Hartono - Humas PKG / 130

PT Petrokimia Gresik kembali melakukan sosialisasi pupuk urea bersubsidi berwarna pink/merah jambu. Sosialisasi ini berlangsung di wisma Kebomas PT Petrokimia Gresik (26/10), dihadiri oleh pejabat Polres, Dinas Pertanian, Kehutanan, Perkebunan, Perikanan, Perdagangan dan Distributor untuk wilayah kerja kabupaten Gresik, Lamongan, Bojonegoro dan Tuban.

Manajemen PT Petrokimia Gresik yang hadir pada acara sosialisasi tersebut adalah Direktur Komersil, T. Nugroho Purwanto, GM Penjualan Wilayah I, Agus Pramono, GM Pemasaran, Pranowo Tri Nusantoro, serta para manager departemen terkait.

Sosialisasi pupuk urea bersubsidi berwarna pink ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada semua pihak yang berkepentingan dengan pupuk urea bersubsidi. Keberadaan urea warna putih dan urea warna pink memiliki kandungan dan kualitas yang sama. Pemberian warna pink (merah jambu) pada urea bersubsidi dimaksudkan untuk memudahkan pengawasan penyalurannya dan menghindari rebag. Hal ini dilakukan sebagai upaya produsen pupuk anggota holding PT Pusri (Persero) untuk mencegah adanya penyelewengan penyaluran pupuk urea bersubsidi ke sektor non subsidi.

Pupuk bersubsidi urea berwarna pink ini mulai mulai beredar per 01 Oktober 2011. Mulai 01 Januari 2012 pupuk urea bersubsidi yang beredar semuanya berwarna pink. Sedangkan pupuk urea non subsidi berwarna putih. Jadi, dalam masa transisi selama 3 (tiga) bulan, yaitu 01 Oktober 2011 s/d 31 Desember 2011 beredar pupuk urea bersubsidi dengan warna putih dan warna pink, dengan kandungan dan mutu yang sama, sesuai SNI no. 02-2811-2005.

Pewarna urea pink ini aman digunakan, ramah lingkungan dan tidak meracuni tanaman. Pengujian pewarnaan sudah dilakukan baik dalam skala laboratorium maupun skala pabrik. (Hartono)