PT Petrokimia Gresik Seragamkan Pupuk Urea Bersubsidi

01 Mei 2012 13:11 / www.beritajatim.com / 1245

Reporter : Deni Ali Setiono

Gresik (beritajatim.com) - Kantong pupuk urea bersubsidi per awal Mei 2012 secara nasional mulai diseragamkan. Langkah ini diambil setelah adanya perubahan nama holding company PT Pupuk Sriwidjaja menjadi PT Pupuk Indonesia pada 18 April 2012. Hal senada juga diikuti produsen pupuk di Jatim, PT Petrokimia Gresik (PG). Sebagai induk perusahaan yang berbasis di Gresik juga turut menyeragamkan kantong pupuk urea bersubdisi di areanya.

Sekretaris Perusahaan PT Petrokimia Gresik (PG), Ilham Setiabudi mengatakan, ada beberapa alasan melatarbelakangi penyeragaman kantong pupuk urea bersubsidi.

"Sesuai arahan dari Kementrian Pertanian sebelum ada penyeragaman kantong pupuk bersubsidi. Mindset petani yang loyal pada satu merek tertentu kontradiktif dengan sistem pembagian wilayah bagi produsen pupuk urea," ujarnya, Selasa (01/05/2012).

Ia menambahkan, selain alasan di atas. Pupuk urea yang diproduksi anggota holding memiliki spesifikasi dan kualitas yang sama. Untuk itu, menindaklanjuti hal ini. Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) melakukan sosialisasi penyeragaman kantong sekaligus memperluas jaringan distribusi yang masuk ke dalam wilayah kerja PT Petrokimia Gresik.

"Tujuan utama penyeragaman kantong pupuk urea bersubsidi untuk menghilangkan fanatisme produk urea tertentu di daerah wilayah kerja produsen pupuk," tambahnya.

Rencananya kata Ilham Setiabudi, penggunaan kantong baru pupuk bersubsidi akan dimulai pendistribusiannya ke gudang lini III dengan masa transisi tiga bulan.

"Nantinya dalam masa transisi itu diharapkan per awal Agustus 2012 sudah memakai satu kantong merek dengan nama dan logo baru," tuturnya.

Di samping menyeragamkan kantong pupuk urea, kata Ilham Setiabudi, manajemen PT Petrokimia Gresik dalam waktu dekat juga akan menyeragamkan warna pupuk urea bersubsidi.

Disinggung mengenai kapasitas volume pupuk urea yang dihasilkan PT Petrokimia Gresik saat ini. Dijelaskan Ilham Setiabudi, produksi urea yang dihasilkan perusahaannya sebesar 332.601 ton. Jumlah itu diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan dibangunnya pabrik baru lagi. [dny/but]

http://www.beritajatim.com/detailnews.php/1/Ekonomi/2012-05-01/134149/PT_Petrokimia_Gresik_Seragamkan_Pupuk_Urea_Bersubsidi

Har.