PT Petrokimia Gresik Meraih Silver dan Bronze

16 September 2013 14:20 / Humas PT Petrokimia Gresik / 5552x dilihat

Berbagai strategi dan taktik pemasaran berbagai produk PT Petrokimia Gresik telah mendapat apresiasi positif dalam ajang kompetisi pemasaran BUMN Marketing Award 2013, yang digelar Majalah BUMN Track, akhir bulan Agustus 2013 lalu. Dalam ajang lomba yang diikuti 44 perusahaan milik negara, PT Petrokimia Gresik mendapat penghargaan kategori silver untuk strategic marketing dan kategori bronze untuk tactical marketing. Tema yang diusung dalam ajang lomba ini adalah Marketing For Innovation Reality Check for BUMN, bekerjasama dengan MarkPlus Inc dan BUMN Marketeers Club. Menteri BUMN Dahlan Iskan bertindak sebagai juri kehormatan dalam lomba ini. Penghargaan untuk PT Petrokimia Gresik diserahkan oleh founder dan CEO MarkPlus kepada General Manager Pemasaran PT Petrokimia Gresik, Endang S. Susilowati, di Flores Ballroom Hotel Borobudur, Jakarta.


Menurut panitia penyelenggara, penghargaan dalam bentuk BUMN Marketing Award 2013 merupakan apresiasi yang akuntabel dan kredibel bagi BUMN dan Marketeer BUMN, yang telah mengembangan marketing dan inovasi marketing sebagai faktor dominan dalam proses transformasi. Melalui seleksi ketat berkas dan kuesioner, terpilih 20 BUMN untuk mempresentasikan konsep, strategi dan kiat dalam marketing, yang terbagi dalam kategori strategic dan tactical di hadapan dewan juri.


Tujuan diselenggarakannya ajang kompetisi ini adalah agar BUMN terus bergerak dinamis seiring tuntutan pasar dan persaingan yang makin terbuka. Hal itu mengharuskan BUMN untuk bertranformasi menjadi korporasi yang sehat dan memberi kontribusi optimal. Salah satu bentuk penguatan kultur korporasi pada BUMN adalah dengan mengedepankan marketing sebagai faktor penting yang menentukan keberhasilan perusahaan. Terselenggaranya acara ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi proses transformasi BUMN menuju korporasi yang sehat dan tangguh dalam menghadapi persaingan bisnis yang makin terbuka.

Menurut Endang S. Susilowati, GM Pemasaran PT Petrokimia Gresik, penghargaan ini merupakan pengakuan pada berbagai upaya kreatif yang dilakukan seluruh bagian pemasaran PT Petrokimia Gresik. Dijelaskannya, dinamika pemasaran industri pupuk dewasa ini membutuhkan berbagai langkah terobosan untuk makin mengokohkan brand Petrokimia Gresik sebagai Produsen Pupuk Terlengkap Di Indonesia, sekaligus meningkatkan penetrasi pasar. “Meskipun masih ada kelemahan, kami berusaha untuk menerapkan berbagai teori pemasaran terbaru agar bisa mengikuti perkembangan pasar pertanian yang semakin kompetitif,” ungkapnya.


Ditambahkannya, selain tetap memprioritaskan perhatian pada pemasaran produk pupuk penugasan pemerintah, ke depan juga akan difokuskan pada pemasaran berbagai produk inovasi terbaru produksi PT Petrokimia Gresik dan menggarap pasar ekspor. (Windra/Hartono)