PIKPG Juara I Kolintang Competition BKOW Cup 2013

01 Mei 2013 08:01 / Humas PKG / 6259x dilihat

Di tengah serbuan musik modern, musik tradisional seperti Kolintang

ternyata masih bisa tetap eksis. Terbukti dengan diadakannya Kolintang Competition

yang diadakan oleh Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Timur (Jatim) di

Grand City Mall Surabaya (20-21/4).

Dalam sambutannya, Ketua Umum BKOW Jatim, Ibu Fatma Syaifullah Yusuf, mengungkapkan bahwa kompetisi kolintang ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan tiap tahunnya, dan ini adalah kompetisi yang kedua kalinya digelar. Menurutnya, lomba musik Kolintang ini digunakan untuk melestarikan alat musik tradisional dari Minahasa di masyarakat luas, khususnya di Jawa Timur. "Festival Kolintang merupakan wahana strategis untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya tradisional daerah dan dapat mengangkat kembali kejayaan Kolintang yang tampaknya mulai pudar di Jawa Timur," tuturnya. Acara berlangsung semakin meriah saat istri Wagub Jawa Timur ini menyanyikan lagu berjudul “Bunda” dengan suaranya yang merdu.

Lagu wajib peserta lomba adalah Jawa Timur Membangun. Sedangkan lagu pilihan sebanyak 10 lagu. Pada saat final ada lagu wajib daerah Jawa Timur. "Banyak lagu daerah-daerah di Jawa Timur, seperti lagu dari Banyuwangi atau lagu dari Madura dan masih banyak lainnya," ucap Fatma.

Lomba yang diikuti oleh puluhan kelompok musik Kolintang ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul). Kabupaten Gresik diwakili oleh grup Kolintang Persatuan Istri Karyawan PT Petrokimia Gresik (PIKPG) dengan didampingi oleh Ibu Wakil Bupati Gresik. Keikut sertaan PIKPG dalam kejuaraan Kolintang se-Jawa Timur ini membuahkan hasil yang memuaskan.

Kolintang PIKPG mendapat nilai tertinggi dari para juri, dan menjadikan PIKPG sebagai Juara I. Rasa bangga dan senyum sumringah pun terpancar dari wajah para personil, khususnya Ibu Nugroho Purwanto, Ibu Nugroho Christijanto dan Ibu Irwansyah yang selalu setia mendampingi. “Juara II saja saya sudah menangis, dan ternyata malah juara I, Alhamdulillah”, ujar salah satu personil group musik Kolintang PIPKG. (Danny/Hartono)