PG Selenggarakan Workshop ISO 31000:2009

28 Agustus 2017 18:35 / Humas PG / 5690x dilihat

Pada tanggal 24-25 Agustus 2017, di kota Malang PT Petrokimia Gresik (PG) menyelenggarakan Workshop ISO 31000:2009 bagi seluruh Key Person Manajemen Risiko dengan total jumlah peserta 50 orang. Penyelenggaraan ini bertujuan untuk menyegarkan kembali pemahaman peserta mengenai kerangka kerja maupun penerapan proses manajemen risiko dalam kegiatan operasional sehari-hari di masing-masing Unit Kerja, sekaligus mempersiapkan penyusunan Profil Risiko PG tahun 2018.

Kegiatan hari pertama, Kamis (24/8), dibuka oleh Wahjudi, Sekretaris Perusahaan didampingi oleh Chursiana Luthfa, Mgr. Tata Kelola Perusahaan & Manajemen Risiko (TKP & MR), dan kemudian dilanjutkan penyampaian materi mengenai “Aplikasi Manajemen Risiko-ISO 31000:2009” oleh Wahjudi dan para peserta antusias untuk mengikuti pelatihan dengan adanya diskusi serta tanya jawab.

Pada sesi kedua, diawali dengan pemberian materi tentang “Persiapan Risk Maturity Level Assessment (RMLA)” oleh Sri Widajati. Acara dilanjutkan dengan pembahasan hasil reviu penyusunan Laporan Pemantauan Bulanan s.d Juli 2017 dan Draft Profil Risiko 2018 yang telah diinput melalui SIMAR (Sistem Informasi Manajemen Risiko) bersama dengan VUK (Verifikator Unit Kerja) dari Dep. TKP & MR. Penghujung hari pertama ditutup dengan pemberian Post Test kepada seluruh peserta untuk mengukur pemahaman Key Person mengenai materi yang telah diberikan terkait penerapan manajemen risiko sesuai dengan ISO 31000:2009.

Memasuki hari kedua, Jumat (25/8), Key Person Manajemen Risiko mulai melakukan revisi atas Draft Profil Risiko 2018 yang telah mereka susun berdasarkan hasil pembahasan dengan VUK (Verifikator Unit Kerja) dari Dep. TKP & MR pada hari pertama. Revisi tersebut dilakukan secara online melalui SIMAR untuk selanjutnya akan dilaporkan kepada masing-masing atasan dan dibahas secara internal oleh Unit Kerja terkait. Pada sesi berikutnya, dilakukan penyerahan penghargaan kategori Unit Kerja Berbudaya MR Terbaik I yang diraih oleh Dep. Hukum & Sekretariat dan Dep. Distribusi Wil. II, Unit Kerja Berbudaya MR Terbaik II yang diraih oleh Dep. Audit Operasional dan Dep. Pengelolaan Pelabuhan kemudian kategori Unit Kerja Pengelola Risiko Terbanyak yang diberikan kepada Komp. Pabrik III serta Kategori Post-Test Terbaik yang diraih oleh Risang Pradipta selaku Key Person MR Dep. Pemeliharaan II.

Kegiatan penyerahan penghargaan ini diakhiri dengan penutupan oleh Mgr. TKP & MR, dengan menyampaikan harapan agar ke depannya pengelolaan manajemen risiko oleh Unit Kerja semakin menunjukkan progress yang semakin membaik sehingga manfaat penerapan manajemen risiko dapat dirasakan secara nyata oleh Unit Kerja bahkan Perusahaan pada umumnya. (Yezki/Joko)