PG Salurkan Pinjaman Modal Kerja Rp7,246 Miliar

26 September 2019 11:57 / Humas PG / 4295x dilihat

PT Petrokimia Gresik (PG) menyalurkan pinjaman modal kerja sebesar Rp7,246 miliar kepada 53 Mitra Binaan (MB), dengan total anggota 300 orang. Pinjaman modal kerja disalurkan kepada mitra binaan dari Kabupaten Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Magetan, Tuban, Malang, Blitar, dan Ponorogo. Penandatanganan pinjaman modal kerja antara PG dengan para MB di bidang usaha industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan ini berlangsung di Wisma kebomas PG (25/09/2019).

Penyaluran pinjaman modal kerja merupakan salah satu kewajiban PG dalam melaksanakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) BUMN yang berlaku. Sebagai anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero), PG secara konsisten menyalurkan pinjaman modal kerja kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di berbagai bidang usaha. Selain itu, PG juga melakukan pembinaan baik berupa pelatihan dan pendidikan maupun promosi dan pameran, agar usaha MB bisa berjalan dengan baik, berkembang, dan menjadi mandiri.

Manager CSR PG, Lukman Harun menyampaikan, penyaluran pinjaman modal kerja Program Kemitraan ini merupakan kontribusi PG terhadap peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya bagi para mitra binaan.

“Kami berharap, para mitra binaan dapat memanfaatkan pinjaman modal kerja ini dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan peruntukannya, yaitu meningkatkan dan mengembangkan usahanya masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Manager Penjualan Produk Pengembangan (P3), Arief Wahyutomo, menjelaskan bahwa untuk mendukung program Pemerintah dalam mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional, PG kini bertransformasi menuju perusahaan Solusi Agroindustri. PG selain menghasilkan berbagai macam pupuk, juga memiliki produk-produk pengembangan yang dapat memperlancar dan meningkatkan hasil usaha para MB, di antaranya probiotik Petrofeed untuk MB ternak sapi, Petrofish bagi MB bidang perikanan, Petro Hi-Corn, Biofertil, Petro Chili untuk MB bidang perkebunan. Hartono

Rincian Penyaluran pinjaman modal kerja Program Kemitraan PG, 25 September 2019

No

Bidang

∑MB

∑Anggota

Nilai (Rp)

1

Industri

2

2

115 juta

2

Perdagangan

11

11

865 juta

3

Pertanian

10

91

935,5 juta

4

Peternakan

26

176

4,820 miliar

5

Perkebunan

1

3

165 juta

6

Perikanan

3

17

346 juta