PG Ramaikan Pawai Budaya Pemkab Gresik

10 Maret 2017 08:00 / Humas PG / 1336

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menggelar kirab budaya, Kamis tanggal 9 Maret 2017. Pawai ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemkab Gresik ke-43 dan Hari Jadi Kota Gresik ke-530.

Start kirab budaya dimulai dari makam Sunan Giri, kemudian beriringan melewati Jalan Dr Soetomo, Jalan Jaksa Agung Suprapto dan finish di Pendopo Bupati Gresik atau Alun-alun Gresik. Kirab budaya ini juga mengikutsertakan sebanyak 120 ekor kuda.

Seperti Pawai Industri pada Oktober 2016 lalu, PT Petrokimia Gresik (PG) kembali berpartisipasi dalam kirab budaya kali ini. Ada dua rombongan dari PG yang ikut serta, pertama adalah rombongan Pencak Macan Lumpur.

Kesenian ini biasa dimainkan saat upacara pernikahan. Pemuda Kelurahan Lumpur Kecamatan Gresik mendapatkan bantuan pembinaan untuk kesenian Pencak Macan dari PG. Melalui bantuan ini, pemuda Lumpur memiliki wadah untuk berkreasi.

Rombongan kedua adalah Bank Sampah Meduran. PG Memberikan dukungan kepada Ibu PKK Dusun Meduran, Desa Roomo, Kecamatan Manyar, untuk mengolah sampah dengan kreatif dan efektif. Diantaranya dengan memanfaatkan menjadi composting dan membuat kerajinan aksesoris. Dari ide kreatif ini muncul lah Bank Sampah yang membeli sampah dari warga sekitar.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Suyono mengapresiasi keaktifan PG dalam setiap kegiatan Pemkab Gresik. Diharapkan, peranan PG ini dicontoh perusahaan lain di Gresik.

“PG tidak hanya membantu menyejahterakan masyarakat Gresik melalui program CSR (Corporate Social Responsibility), tapi juga aktif dalam setiap kegiatan masyarakat,” tandas Suyono.*/isp.-