PG BERBAGI PENGALAMAN TENTANG INOVASI KEPADA PT POS INDONESIA

06 Juli 2015 14:15 / Humas PG / 2440

Gresik - PT PETROKIMIA GRESIK kembali mendapatkan kehormatan untuk berbagi pengalaman dalam benchmarking pengelolaan perusahaan. Kali ini pada tanggal 10 Juni 2015 perwakilan dari PT POS INDONESIA berkunjung ke Pabrik pupuk terlengkap di Indonesia ini untuk melakukan benchmarking tentang Pengelolaan Inovasi di PT Petrokimia Gresik.

Manager Organisasi & prosedur Tjaturtjitra dan staf pengelolaan inovasi PKG menyambut rombongan PT POS Indonesia yang dipimpin oleh Manager Pengelolaan Mutu, Djoko Purwanto dari Kantor Pusat Pos Indonesia di Bandung membawa 8 perwakilan dari Kantor Pos Palangkaraya, Surabaya, Jakarta dan kantor pusat. Kepada tim PKG, Djoko menyebutkan prestasi tim inovasi PKG dalam kegiatan Inovasi Tingkat Nasional dan Internasional adalah alasan mengapa mereka memilih PT Petrokimia Gresik sebagai tujuan benchmark.

Sesi benchmark yang berduarsi 3 jam itu diawali presentasi dari Tim Inovasi PKG tentang seluruh program pembinaan dan pengembangan kegiatan inovasi di PKG. selanjutnya dilanjutkan dengan diskusi yang didominasi topik bagaimana memberdayakan karyawan PKG untuk tetap terdorong berinovasi ditengah tantangan usia karyawan yang mendekati pensiun. “Manajemen puncak (top manajemen) mendukung penuh kegiatan Inovasi di PT Petrokimia Gresik, hal ini membuat seluruh jajaran di perusahaan juga tergerak dalam kegiatan inovasi.” Papar Manager Ordur, Tjaturtjitra.

PT Pos Indonesia mengapresiasi sistem pemberdayaan inovasi di PKG telah disiapkan dengan baik dengan megintegrasikan kegiatan inovasi ke dalam penilaian kinerja karyawan dalam SKI dan PAK. “Kami mendapatkan banyak masukan dari Petrokimia Gresik tentang inovasi ini, kami harus berbenah, menyusun sistem pengelolaan inovasi yang lebih baik serta terintegrasi dengan sistem penilaian kinerja karyawan seperti di Petrokimia Gresik.” Ujar Djoko, Manager Pengelolaan Mutu PT Pos Indonesia.

Pada akhir pertemuan Ketua Staf Program Inovasi PKG menyampaikan selain dukungan dari top management, peran dari karyawan level bawah dalam menjawab kepercayaan manajemen dengan prestasi-prestasi inovasi berkualitas yang memiliki kontribusi besar terhadap perusahaan. “Pada akhirnya manajemen akan melihat seberapa besar kontribusi gugus-gugus inovasi terhadap perusahaan, dampak tersebut bisa berupa financial dan non financial yang sudah terverifikasi, sehingga manajemen yakin bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi perusahaan”. Pungkas Tjaturtjitra. (Kiswanto).