Petrokimia Serahkan Tugu Gapura ke Pemkab Gresik

22 September 2015 07:18 / http://www.antarajatim.com / 8070x dilihat
"Saat ini usai acara serah terima, gapura itu resmi menjadi milik Pemkab Gresik. Dan kami bangun sebagai bentuk kecintaan Petrokimia Gresik kepada masyarakat Gresik"
Gresik, (Antara Jatim) - PT Petrokimia Gresik menyerahkan Tugu Gapura berbentuk Naga di Jalan Raya Bunder, Kecamatan Kebomas, kepada pemkab setempat sebagai bentuk bantuan perusahaan BUMN kepada masyarakat setempat.

Direktur Utama PT Petrokimia Gresik Hidayat Nyakman dei Gresik, Senin, mengatakan awalnya pembangunan tugu yang dijadikan sebagai monumen selamat datang di wilayah Gresik itu dilakukan sepenuhnya oleh Petrokimia dengan biaya sebesar Rp7 miliar.

"Saat ini usai acara serah terima, gapura itu resmi menjadi milik Pemkab Gresik. Dan kami bangun sebagai bentuk kecintaan Petrokimia Gresik kepada masyarakat Gresik," katanya.

Nyakman berharap, keberadaan gapura itu bisa bermanfaat untuk pengembangan sejarah dan budaya Gresik, serta bisa menjadi ikon baru bagi wilayah Kabupaten Gresik.

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto mengaku sangat berterima kasih kepada Petrokimia Gresik yang telah membangun tugu selamat datang berbentuk Naga Giri di wilayah perbatasan dengan Kabupaten Lamongan.

"Tugu ini bisa menjadi salah satu ikon sebelum memasuki Gresik dari wilayah Kabupaten Lamongan, dan menjadi pengetahuan baru bagi masyarakat," katanya.

Sambari mengatakan, Pemkab Gresik terus berusaha memperkenalkan sejarah kepada warga dengan memberikan nama tokoh asli Gresik kepada sejumlah jalan, seperti Jalan Fatimah Binti Maimun atau Jalan Putri Cempo.

"Ke depan kami berharap Petrokimia Gresik tetap bersedia membantu masyarakat mewujudkan kecintaan kepada tokoh-tokoh sejarah," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya Pekerjaan Umum Gresik, Achmad Wasil mengatakan usai kegiatan serah terima, bangunan itu akan dikelola langsung oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Gresik.

"Usai serah terima ini, pengelolaan sepenuhnya gapura akan berada di Pemkab Gresik sebab sebelumnya menjadi kewenangan Petrokimia," katanya.(A. Malik Ibrahim/Masuki M. Astro)
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/164832/petrokimia-serahkan-tugu-gapura-ke-pemkab-gresik