Petrokimia Gresik Salurkan Hewan Kurban Senilai Rp947 Juta untuk Masyarakat Sekitar Perusahaan

02 Juli 2023 15:00 / Komunikasi Korporat PG / 1358x dilihat

Di momen Hari Raya Idul Adha 1444 H, Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia menyerahkan hewan kurban berupa 17 ekor sapi dan 98 kambing untuk masjid, musala dan masyarakat sekitar perusahaan. Hewan kurban senilai Rp947 juta ini diserahkan secara simbolis oleh Ketua Takmir Masjid Nurul Jannah Petrokimia Gresik, Widodo Heru Sulistyo mewakili Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo kepada Ketua Panitia Kurban, Firmandika Harda usai Shalat Ied di Gresik, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Terpisah, Dwi Satriyo menyampaikan bahwa, sebelum distribusikan kepada masyarakat, dokter hewan telah melakukan pengecekan setiap hewan kurban Petrokimia Gresik. Kesehatan hewan kurban merupakan prioritas, sehingga aman untuk dikonsumsi, dan memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat.

"Sehat merupakan salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi untuk hewan kurban. Selain sebagai komitmen untuk memenuhi syariat Islam, kesehatan hewan kurban juga menjadi sangat penting bagi masyarakat yang mengonsumsinya." ujar Dwi Satriyo.

Bantuan hewan kurban ini, merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Petrokimia Gresik, dan menjadi agenda rutin setiap Hari Raya Idul Adha. Hewan kurban ini sekaligus menjadi wujud syukur perusahaan atas dukungan masyarakat selama 51 tahun beroperasi.

“Bantuan hewan kurban tahun ini memiliki makna yang sangat besar. Perusahaan mampu memenuhi, bahkan melampaui target-target dalam mendukung ketahanan pangan nasional dan mewujudkan pertanian berkelanjutan selama lebih dari setengah abad yang tentu tidak lepas dari dukungan masyarakat sekitar perusahaan,” tandas Dwi Satriyo.

Kegiatan Idul Adha ini juga menjadi bentuk dukungan Petrokimia Gresik terhadap keberlangsungan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sektor peternakan. Hewan kurban yang didistribusikan untuk masyarakat ini sebagian juga dibeli dari peternak mitra binaan perusahaan.

"Selain wujud partisipasi Petrokimia Gresik terhadap kegiatan keagamaan, bantuan hewan kurban ini memiliki manfaat ganda untuk memajukan para peternak mitra binaan Petrokimia Gresik. Untuk itu, kami berharap masyarakat terus memberikan dukungan terhadap Petrokimia Gresik sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar lagi di masa mendatang," tutup Dwi Satriyo.