Petrokimia Gresik Percepat Pembangunan Pabrik Fosfat Jordan Abadi

11 Juli 2012 07:19 / http://www.beritajatim.com / 1620

Reporter : Deni Ali Setiono

Gresik (beritajatim.com) - Melonjaknya permintaan pupuk di dalam negeri, membuat PT Petrokimia Gresik (PKG). Mempercepat pembangunan pabrik fosfat Jordan Phosphate Mines Co Plc, (Petro Jordan Abadi). Langkah ini diambil karena kebutuhan fosfat untuk bahan baku pembuatan pupuk bakal terkantrol akibat meningkatnya proses produksi.

Direktur Utama PT Petrokimia Gresik Hidayat Nyakman mengatakan, dipercepatnya pembangunan pabrik fosfat untuk menekan impor. Sebab, total kebutuhan fosfat untuk semua pabrik mencapai 400 ribu ton. Sedangkan produksi pabrik fosfat Petro Jordan Abadi sebesar Rp 200 ribu ton.

"Mudah-mudahan dengan dipercepatnya pembangunan pabrik fosfat Petro Jordan Abadi bisa menekan ketergantungan fosfat dari negara lain," ujarnya, Selasa (10/07/2012).

Selama ini, kebutuhan fosfat PT Petrokimia Gresik dipasok dari dua negara yakni Jordania dan Marokko. Hal ini dikarenakan produksi fosfat di dalam negeri masih terbatas.

Untuk itu lanjut Hidayat Nyakman, dengan adanya Jordan Phosphate Mines Co Plc, (Petro Jordan Abadi) diharapkan bisa membantu proses produksi pupuk secara maksimal.

"Pada tahun ini kami mendapat tugas menyediakan pupuk bersubsidi 5,4 juta ton. Angka ini naik dibanding tahun lalu yang hanya mencapai 1,6 juta ton," tuturnya. [dny/kun]

http://www.beritajatim.com/detailnews.php/1/Ekonomi/2012-07-10/140889/Petrokimia_Gresik_Percepat_Pembangunan_Pabrik_Fosfat_Jordan_Abadi