Peduli Lingkungan, PG Kampanyekan #CerdasBerplastik

21 Agustus 2019 09:36 / Humas PG / 6021x dilihat

Sebagai komitmen kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan, PT Petrokimia Gresik (PG), anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero) memulai untuk kampanye #CerdasBerplastik. Dua kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-47 PG, yaitu Petro Agrifood Expo (PAE) dan Bazar 2019 menjadi awal bagi perusahaan Solusi Agroindustri ini untuk berkampanye #CerdasBerplastik.

PAE dan Bazar dipilih sebagai media awal PG untuk kampanye #CerdasBerplastik karena melibatkan banyak pengunjung dan sangat berpotensi menghasilkan sampah plastik dalam jumlah besar. Karena itu, pengunjung diajak untuk #CerdasBerplastik dengan membawa kantong belanja sendiri.

Data Kementerian Lingkungan Hidup menyebutkan, sekitar satu juta kantong plastik digunakan di seluruh Indonesia tiap menitnya, sementara kantong plastik sendiri memerlukan waktu hingga ratusan tahun untuk dapat terurai. Dan yang lebih memperihatinkan lagi, dilansir dari CNN, Indonesia saat ini menjadi negara penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia.

Melalui kampanye ini, PG mengedukasi masyarakat agar bijak dalam menggunakan plastik sekali pakai dengan menghadirkan “Monsti” (monster plastik) sebagai visualisasi bahaya sampah plastik jika tidak dikelola dengan baik, serta melakukan grebek plastik terhadap penggunjung yang masih membawa kantong plastik untuk ditukar dengan reusable bag bertuliskan #CerdasBerplastik. Kampanye ini diinisiasi oleh Departemen Humas yang selanjutnya menjadi kampanye perusahaan.

“Ini merupakan wujud kepedulian Petrokimia Gresik terhadap isu lingkungan. Sampah plastik sampai saat ini terus menjadi sorotan baik di Indonesia maupun dunia internasional," ujar Manager Humas PG, Muhammad Ihwan.

Ihwan mengungkapkan, pihaknya sengaja memilih frasa "Cerdas Berplastik", karena memang kita belum bisa sepenuhnya lepas dari plastik. Saat ini, plastik merupakan bahan pembungkus yang paling efisien dan murah.

Beberapa minimarket menyediakan kantong plastik yang diklaim dapat terurai dalam 1-2 tahun saja, tapi percayalah kantong plastik tersebut menjadi mikroplastik yang tidak terlihat dengan mata telanjang.

Oleh karena itu, sudah saatnya kita #CerdasBerplastik. Bawalah kantong belanjamu sendiri, bawalah botol minum mu sendiri, karena kalau bukan kita siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Try D