Opening Meeting Asesmen GCG 2017

14 November 2017 10:39 / Humas PG / 6200x dilihat

PT Petrokimia Gresik (PG) memandang perlu untuk menilai/mengukur tingkat efektivitas implementasi Tata Kelola Perusahaan / Good Corporate Governance (GCG) di PG. Asesmen GCG PG dilaksanakan selama 35 hari mulai tanggal 06 Oktober 2017 s.d. 15 Desember 2017.

Asesmen GCG di Pupuk Indonesia Group sendiri diadakan rutin setiap tahun secara bergantian antara Badan Pengawasan Keuangan & Pembangunan (BPKP) dan internal PT Pupuk Indonesia Group.

Untuk asesmen GCG Tahun 2017, PT Pupuk Indonesia (Persero) menunjuk BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur sebagai Tim Asesor GCG PG. Opening meeting asesmen GCG 2017 PG dibuka oleh Direktur Utama Nugroho Christijanto di Ruang Kemuning, Lantai 8 Kantor Pusat PG serta dihadiri Direktur Tekbang Arif Fauzan, Direktur Keuangan Pardiman, Pejabat Grade I, dan Pejabat Grade II.

Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Provinsi Jawa Timur, Agus Setianto menyampaikan bahwa metodologi Penilaian Asesmen Penerapan GCG 2017 yaitu dengan membandingkan Kriteria sebagaimana diatur dalam Keputusan Sekretaris Kementerian BUMN No. KEP-16/S.MBU/2012 dengan kondisi sesungguhnya di perusahaan.

Sementara untuk tahapan asesmen GCG 2017, sebagai berikut :

Direktur Utama PG Nugroho Christijanto dalam sambutannya, meminta dukungan dari seluruh unit kerja yang terkait dengan pelaksanaan Asesmen GCG tahun 2017.

Setiap hari selama hari kerja / effective days, Tim Asesor datang ke PG untuk mereviu dokumen dan melaksanakan tahapan asesmen.

Salah satu tahapan asesmen yakni pengisian kuesioner meliputi Pemegang Saham, Dewan Komisaris, Direksi, Manejemen Kunci, Stakeholders, & Pegawai. Untuk pengisian kuesioner Grade III – VII dilaksanakan pada tanggal 10 November di Wisma Kebomas. Pengisian kuesioner dibuka oleh Sekretaris Perusahaan (Sesper) PG Yusuf Wibisono. Diharapkan asesmen GCG akan diperoleh masukan-masukan untuk peningkatan penerapan GCG ke depan. (Joko Nugroho/Dep TKP & MR)