Mengenal Jenis-jenis Karbohidrat: Mana yang Paling Sehat?

03 Oktober 2017 09:37 / http://lifestyle.kompas.com / 10995x dilihat

KOMPAS.com - Banyak orang yang mengurangi bahkan menghindari karbohidrat dalam menu makanannya. Sebagian besar menganggap bahwa karbohidrat ‘jahat’, karena menyebabkan berat badan naik dan kadar gula darah melonjak.

Tapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya tubuh Anda masih tetap butuh karbohidrat sebagai sumber utama energi? Ya, Anda tidak bisa menghindari karbohidrat sama sekali. Hal yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis karbohidrat yang sehat. Lalu, apa saja jenis karbohidrat? Mana yang paling sehat untuk tubuh?

Karbohidrat adalah jenis zat gizi yang mempunyai fungsi utama sebagai sumber energi untuk tubuh. bahkan, karbohidrat – khususnya gula – adalah makanan utama untuk otak. Jadi, Anda tidak bisa menghindari karbohidrat sama sekali hanya demi membuat berat badan turun. Bila Anda melakukannya, maka banyak masalah kesehatan yang akan timbul setelahnya.

Pada dasarnya, karbohidrat itu ada dua jenis, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Kedua karbohidrat ini diolah dan dicerna dengan cara yang sedikit berbeda oleh tubuh. Keduanya, memang akan memengaruhi kadar gula darah, tetapi kecepatannya untuk menjadi gula darah berbeda.

Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana ini terkandung di dalam makanan manis, gula, madu, dan gula merah. Di antara jenis karbohidrat lain, karbohidrat sederhana ini yang paling cepat diserap dan diolah tubuh menjadi gula darah. hal ini terjadi karena bentuknya yang sederhana, sehingga mudah untuk dicerna.

Maka dari itu, penggunaan gula, madu, atau gula merah pada orang dengan diabetes tidak diperbolehkan. Makanan tersebut hanya akan membuat kada gula darahnya melesat naik dan kemudian penyakit diabetesnya tidak terkendali.

Karbohidrat kompleks

Jenis karbohidrat kompleks terdiri dari beberapa macam. Tapi, sebagian besar karbohidrat kompleks bisa Anda temukan di makanan pokok yang setiap hari Anda konsumsi, seperti nasi, kentang, mie, bihun, singkong, dan sejenisnya.

Pati

Semua makanan pokok tersebut mengandung jenis karbohidrat yang mengandung pati. Pati ini dicerna lebih lama oleh tubuh, karena memiliki bentuk yang lebih rumit ketimbang karbohidrat sederhana. Jadi, jika Anda makan nasi, roti, atau karbohidrat kompleks lainnya, kadar gula darah Anda akan meningkat dalam waktu beberapa saat.

Tetapi, jenis karbohidrat ini tetap saja akan membuat kadar gula darah Anda naik – meski tidak secepat gula. Maka dari itu, bila mengonsumsi makanan pokok terlalu banyak, tetap saja gula darah Anda bisa tak terkendali dan berisiko mengalami hiperglikemia.

Serat

Serat adalah termasuk karbohidrat kompleks. Jadi semua sayur dan buah yang Anda konsumsi, sebenarnya mengandung karbohidrat. Jenis karbohidrat ini juga bisa ditemukan dalam makanan pokok yang tinggi serat seperti nasi merah, roti gandum, dan makanan whole grain lainnya.

Nah, bedanya dengan jenis karbohidrat lain, serat tidak akan berdampak buruk pada gula darah. justru sebaliknya, dalam beberapa penelitian disebutkan jika serat mampu membantu mengendalikan kadar gula darah.

Ketika serat masuk ke dalam tubuh, jenis karbohidrat ini tidak akan dipecah sebagai karbohidrat, jadi tidak akan ada karbohidrat atau jumlah kalori yang diserap. Hal ini membuat serat tidak akan bikin berat badan Anda naik dan kadar gula darah akan tetap normal.

Sebenarnya, pada orang yang sehat dan normal – tidak mengalami penyakit apapun – semua jenis karbohidrat tersebut diperlukan oleh tubuh. Dari gula hingga serat, Anda harus mengonsumsinya. Tetapi, hal yang harus diperhatikan adalah porsi dari masing-masing karbohidrat yang akan dimakan.

Tentunya, jumlah karbohidrat sederhana haruslah paling sedikit di antara yang lainnya. Dalam satu hari, konsumsi gula orang dewasa hanya boleh sebanyak 50 gram atau 4 sendok makan. Tapi, kalau Anda memiliki diabetes, maka gula sudah tidak boleh ada di menu Anda. Anda bisa menggantinya dengan pemanis buatan yang khusus untuk diabetes.

Sementara, pati harus dikonsumsi sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Jadi Anda harus mengonsumsi nasi, pasta, roti, atau jenis pati lainnya dalam porsi yang cukup sesuai kebutuhan. Justru, Anda harus perbanyak konsumsi serat karena tak hanya baik untuk gula darah tetapi bisa mencegah berbagai penyakit kronis muncul. Wisnubrata

http://lifestyle.kompas.com/read/2017/10/02/105500620/mengenal-jenis-jenis-karbohidrat--mana-yang-paling-sehat-