Mengakali Diri Sendiri Supaya Lebih Banyak Makan Buah

24 Oktober 2017 11:01 / http://lifestyle.kompas.com / 1704x dilihat

KOMPAS.com - Buah-buahan menawarkan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Rutin makan buah setiap hari bisa menjauhkan kita dari berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, membuat badan lebih bugar, hingga membantu mengendalikan berat badan.

Oleh karena itu, tak heran jika Kementerian Kesehatan RI mewanti-wanti masyarakat untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan demi mendukung gaya hidup sehat. Badan Kesehatan Dunia pun juga mengamini anjuran ini, dengan menyarankan setiap orang makan minimal 400 gram buah dan sayuran setiap harinya.

Cara diet yang sehat adalah dengan memperbanyak makan sayur dan buah-buahan segar, di samping menyeimbangkan porsi makanan pokok lainnya. Berikut adalah beberapa contoh manfaat makan buah untuk kesehatan:

Oleh karena itu, rutin makan buah setiap hari bisa membuat badan lebih bugar dan menjauhkan dari risiko berbagai penyakit dan gangguan kesehatan serius seperti diabetes, penyakit jantung, hingga stroke, berkat kandungan gizi dan nutrisinya yang melimpah.

Rutin makan buah juga terbilang sebagai cara yang baik untuk menurunkan berat badan, karena serat buah mampu membuat kenyang lebih lama sehingga kita akan makan lebih sedikit dalam sehari.

Ingin lebih banyak makan buah? Begini caranya

Jika Anda termasuk tipe orang yang jarang makan buah, Anda tidak sendirian. Itu sebabnya kami telah merangkum beragam tips jitu tapi menyenangkan di bawah ini agar Anda bisa lebih banyak ngemil buah segar setiap hari.

Dengan begitu besarnya manfaat buah yang bisa didapatkan oleh tubuh, jangan ragu untuk makan buah mulai dari sekarang. Tidak ada waktu terbaik untuk makan buah. Anda bisa mengonsumsinya kapan saja: pagi, siang, malam, sebelum atau sesudah makan, juga sebelum dan setelah olahraga.

Tubuh akan diuntungkan oleh hobi baru ini. Namun ingat, manfaat buah paling baik jika langsung dimakan dalam bentuk utuh saat masih segar. Wisnubrata

http://lifestyle.kompas.com/read/2017/10/23/150000220/mengakali-diri-sendiri-supaya-lebih-banyak-makan-buah