KAIZEN

15 Juli 2014 07:56 / Humas PKG / 1909

Oleh : Eko Setijono – Dep. Yankomduk

Bulan Juli selalu menjadi bulan istimewa bagi keluarga besar PT Petrokimia Gresik karena merupakan bulan ulang tahun kelahiran perusahaan ini. Tidak ada ungkapan yang lebih baik ketika memperingati saat kelahiran kecuali ungkapan syukur pada Sang Penguasa, yang telah memberi banyak keberkahan dan nikmat di sepanjang perjalanan yang telah ditempuh. Selain itu, membuat catatan instrospeksi dan evaluasi tentang jejak langkah yang telah dilalui menjadi ‘ritual’ yang sebaiknya jangan ditinggalkan. Setelah itu tentu diikuti dengan ‘resolusi’ untuk membuat target impian yang akan diraih di masa mendatang.

Membuat catatan tentang perjalanan panjang PT Petrokimia Gresik mungkin akan sangat menarik bila mempergunakan bingkai falsafah kaizen, yang banyak mengilhami perusahan-perusahaan terkemuka di Jepang bahkan di seluruh dunia. Falsafah klasik yang sejatinya merupakan ‘tuntunan’ kehidupan secara universal ternyata sangat tepat ketika dijadikan ‘roh’ manajemen perusahaan. Banyak perusahaan besar yang bisa bertahan hingga ratusan tahun dan terus mampu menjadi ‘pemenang’ dalam kompetisi bisnis yang semakin ketat karena diilhami ‘energi’ kaizen yang terus berhembus di seluruh lini perusahaan.

Dalam bahasa Jepang, kaizen berarti perbaikan yang dilakukan secara berkesinambungan. Istilah ini mencakup pengertian perbaikan yang melibatkan semua aspek dalam perusahaan termasuk sumberdaya manusianya. Falsafah kaizen berpandangan bahwa perusahaan hendaknya berfokus pada upaya melakukan perbaikan dan penyempurnaan terus menerus dan berkesinambungan. Meskipun mungkin perbaikan dalam kaizen bersifat kecil dan berangsur, namun proses kaizen mampu membawa hasil yang luar biasa seiring dengan perjalanan waktu.

Oleh karena itu, dalam falsafah kaizen proses pencapaian tujuan dalam sebuah perusahaan selalu menjadi aspek penting yang mendapat prioritas perhatian. Tujuan akhir memang penting dan harus tercapai, namun proses yang terencana, terarah dan melalui jalan ‘mulia’ jauh lebih penting. Pemahaman ini membuat perusahaan sangat memperhatian setiap tahapan proses manajemen dengan bersandar pada standard operating procedure yang telah disepakati. Manajemen juga sangat peduli pada kualitas produk dan layanan pada konsumen, serta selalu berusaha terus tumbuh berkembang untuk mempertahankan eksistensinya.

Meskipun tidak semua aspek dalam falsafah kaizen diterapkan dalam manajemen PT Petrokimia Gresik, namun jejak perjalanan panjang perusahaan ini mencerminkan energi kaizen yang terpancar pada semua lini manajemen yang ada. Penghargaan tinggi pada kemampuan sumberdaya manusia, komitmen pada penerapan standar manajemen yang ‘ekselen’, kesungguhan untuk terus tumbuh dan berkembang, serta perhatian dan apresiasi pada proses pencapaian tujuan menjadi beberapa bukti energi kaizen yang terus mengalir menyertai gerak maju perusahaan ini. Perjalanan tentu masih panjang. Dibutuhan energi kaizen yang lebih ‘luar biasa’ untuk menggapai impian di masa depan. Selamat ulang tahun Petrokimia Gresik ke-42, semoga semakin sukses.