Harus Lebih Baik dan Lebih Baik Lagi

15 Juli 2013 14:23 / Humas PT Petrokimia Gresik / 2745

Momen ulang tahun adalah saat yang tepat bagi kita untuk sekejap berpaling mengenang apa yang telah kita lalui, merenungkan posisi hari ini, dan yang paling penting adalah bagaimana kita menatap masa depan dengan tekad meningkatkan kinerja perusahaan. “Karena itu, pada momen peringatan ulang tahun ini, saya mengajak kepada seluruh karyawan dan karyawati PT Petrokimia Gresik, mari kita bersama-sama mengukuhkan komitmen dan tekad untuk terus meningkatkan kinerja dan kontribusi bagi perekonomian Indonesia melalui perusahaan yang kita cintai ini”, ujar Dirut PT Petrokimia Gresik, Hidayat Nyakman, saat menjadi Inspektur Upacara HUT PT Petrokimia Gresik ke 41.

Upacara yang berlangsung di stadion Tri Dharma PT Petrokimia Gresik (PG) pada tanggal 10 Juli 2013 ini dihadiri oleh Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, Wakil Bupati Gresik M. Qosim, Forpimda Gresik, Direksi dan mantan Direksi PG, pengurus SKPG, PIKPG, Direksi Anak Perusahaan serta para undangan lainnya. Upacara diikuti lebih dari seribu karyawan / karyawati PG dan Anak Perusahaan.

Rangkaian upacara HUT ini meliputi pemberian penghargaan kesetiaan dan penghargaan prestasi kepada karyawan, pemberian penghargaan kepada pemenang lomba K3, wisuda karyawan purna bakti, dan pelantikan karyawan baru sebanyak 77 orang jenjang S-1 dan SLTA. Acara pelantikan karyawan baru dilaksanakan dengan cara khas PT Petrokimia Gresik, yaitu dilakukan penyemprotan & pengguyuran kepada karyawan yang dilantik oleh pasukan pemadam kebakaran Petrokimia Gresik.

Selain itu juga dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada masyarakat sekitar, yang meliputi : Bea Siswa Prestasi kepada siswa SD, SMP, SMU dan SMK ; Bea Siswa Atlet Berprestasi; Bea Siswa Anak Asuh Serikat Karyawan Petrokimia Gresik (SKPG), Bea Siswa Anak Asuh Persatuan Istri Karyawan Petrokimia Gresik (PIKPG), dan Bea Siswa Anak Asuh BMT “Nurul Jannah” Petrokimia Gresik; bantuan Biaya Pendidikan bagi Panti Asuhan Yatim dan Pondok Pesantren.

Dalam sambutannya, Dirut mengajak kita semua untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas berkah dan rahmatNya jugalah, PT Petrokimia Gresik masih dapat tegar berdiri menjadi Pabrik Pupuk Terlengkap di negeri ini.

PT Petrokimia Gresik dapat melalui tahun 2012 dengan baik, membukukan total asset perusahaan sebesar Rp 19,251 triliun, total nilai penjualan mencapai Rp 21,694 triliun, laba perusahaan setelah pajak Rp 1,371 triliun. Kontribusi kepada pemerintah selama tahun 2012 dalam bentuk pajak dan restribusi, serta kewajiban lainnya yang disetor sebesar Rp 834,755 miliar.

Dukungan & Keberhasilan

Prestasi yang berhasil diraih oleh PT Petrokimia Gresik pada tahun 2012, antara lain : tingkat kesehatan perusahaan masuk kategori “Sehat AA”, memperoleh kriteria “Baik” dalam penilaian Key Performance Indicator (KPI), meraih predikat “Emerging Industry Leader” dalam Indonesia Quality Award (IQA) 2012, menerima Penghargaan “Industri Hijau” dari Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Juara I kategori “Manajemen Energi Industri” dalam ajang penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) 2012, penghargaan “Nihil Kecelakaan” (Zero Accident Award 2012) dari Bupati Gresik, Gubernur Jawa Timur, dan kementerian Nakertrans Republik Indonesia, Juara III Annual Report Award (ARA) 2012 untuk kategori “Private Non Keuangan Non Listed”, Penghargaan kategori ‘Inovasi Produk Agrikultur BUMN Terbaik” dalam Anugerah BUMN Award 2012. Selain itu, pada tahun 2012 PG juga ditetapkan sebagai “Perusahaan Terpercaya” oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) melalui program riset dan pemeringkatan Corporate Governance Perception Index (CGPI) Award.

“Pencapaian keberhasilan tersebut kami harapkan dapat memacu kita semua, manajemen dan seluruh karyawan untuk lebih meningkatkan profesionalisme, integritas, serta komitmen kerja untuk terus berupaya melakukan perbaikan secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan daya saing perusahaan", tegas Dirut.

Lebih lanjut, Dirut mengatakan bahwa keberhasilan ini merupakan buah kerja keras, kedisiplinan, serta kesamaan visi antara karyawan dan manajemen dalam menjalankan program-program perusahaan sehingga tahun 2012 dapat kita lalui dengan baik. Pencapaian kinerja perusahaan selama ini juga tidak terlepas dari dukungan penuh seluruh stakeholders. “Kepada pemerintah Kabupaten Gresik beserta segenap jajarannya, pimpinan dan anggota Forpimda, Ketua dan anggota DPRD, dan seluruh masyarakat Gresik, serta mitra kerja PG, kami mengucapkan terima kasih atas perhatian, bantuan dan partisipasinya dalam menciptakan situasi lingkungan yang kondusif dan sangat mendukung kelancaran operasional perusahaan”, jelasnya.

Banyaknya kegiatan sosial kemasyarakatan dan beberapa olah raga yang melibatkan karyawan dan masyarakat sekitar dalam rangkaian peringatan HUT PG ke 41 ini, diharapkan dapat lebih memperkokoh rasa persatuan di antara seluruh karyawan, serta meningkatkan rasa kebersamaan dan persaudaraan antara keluarga besar PG dengan masyarakat sekitar.

Proses Perubahan

Berkaitan dengan kegiatan inovasi di PG, Dirut menegaskan tidak ada istilah bahwa inovasi akan mati atau terhenti. Inovasi adalah sebuah never ending process yang akan terus ada selama PT Petrokimia Gresik ada dan tegar berdiri. “Tidak pernah ada kata mundur dalam sebuah proses perubahan, dan adalah tugas kita semua untuk senantiasa memastikan perubahan di tubuh PT Petrokimia Gresik terus berjalan dan semakin cepat menuju ke arah yang lebih baik dan lebih baik lagi”, ujarnya.

Dirut mengingatkan ada 5 hal yang harus kita lakukan agar perubahan semakin cepat dilakukan. Pertama adalah deliver your promise, yang kedua jagalah etika 7 x 24 jam, seluruh karyawan dan karyawati PT Petrokimia Gresik adalah cerminan perusahaan di masyarakat. Perilaku kita semua selama 24 jam dan 7 hari terus-menerus akan dilihat sebagai “Perilaku PT Petrokimia Gresik”. Ketiga jadilah role model bagi siapapun di lingkungan kerja. Keempat percaya diri dan kolaboratif, dan berikutnya adalah budaya K3 harus menjadi bagian dari perilaku kita setiap saat, sehingga excellence operational dapat selalu kita wujudkan di perusahaan ini. (Hartono)