Hari Perempuan Internasional dan Inkusivitas Perempuan dalam Perusahaan

08 Maret 2023 09:45 / Komunikasi Korporat PG / 2088x dilihat

Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 8 Maret untuk mengapresiasi pencapaian-pencapaian yang didapatkan oleh setiap perempuan. Perayaan ini juga dilaksanakan untuk mengingat betapa pentingnya peran perempuan pada kehidupan bermasyarakat. Hal ini kemudian menjadi momentum sekaligus pengingat bahwa perempuan dapat berkontribusi dalam berbagai aspek. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohirmenegaskan bahwa perempuan mempunyai peran besar dalam proses transformasi, termasuk di lingkup BUMN. Menurutnya, kesetaraan gender dapat meningkatkan profesionalisme dan kinerja dari suatu perusahaan

Sebagai salah satu usaha yang mendorong peran perempuan pada proses pembangunan, Menteri BUMN membentuk Srikandi BUMN sebagai ajang untuk menunjukan eksistensi mereka sebagai perempuan karir. Iniditerapkan oleh Petrokimia Gresik dalam menciptakan lingkungan kerja yang seimbang dan harmonis. Selama 50 tahun berdiri, keterlibatan perempuan dalam menunjang operasional perusahaan semakin meningkat setiap tahunnya. Hal itulah yang pada akhirnya berkontribusi positif pada kesuksesan perusahaan yang diakui oleh berbagai kalangan melalui penghargaan.

Diantaranya, Digna Jatiningsih, Direktur Operasi dan Produksi Petrokimia Gresik meraih Penghargaan Strategic Marketing CMO Of The Year 2020 yang diberikan oleh Markplus.Inc. Selain itu, Digna diundang menjadi pembicara dalam ajang Internasional “Indonesia Pavilion on COP-27 UNFCCC” di Mesir. Pada kesempatan tersebut, Digna hadir sebagai representasi wajah Indonesia Pavilion untuk memberikan kepercayaan kepada dunia internasional terhadap komitmen Indonesia dalam perang melawan perubahan iklim. Digna juga menjadi narasumber dalam Talkshow Srikandi BUMN yang diselenggarakan pada Februari 2022 lalu. Dalam kesempatan tersebut, ia berpesan bahwa inkusivitas merupakan hal yang penting dalam sebuah perusahaan, termasuk di Petrokimia Gresik. Hal tersebut merupakan salah satu usaha Petrokimia Gresik untuk meningkatkan peran perempuan dalam berkontribusi pada proses pembangunan serta sebagai suatu cara agar perempuan memiliki opportunity karir yang sama. Selain itu, Digna juga menyebut bahwa peran perempuan sebagai leader di perusahaan merupakan hal yang penting agar keputusan serta kebijakan yang diambil bersifat menyeluruh.

Sebagai Dewi BUMN 2022, Digna juga melakukan beberapa kegiatan sosial seperti menanam Pohon Mangrove yang bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada bulan Juni. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian perempuan terhadap kelestarian lingkungan serta sebagai upaya untuk menyelamatkan generasi selanjutnya. Digna menjadi bukti nyata bahwa perempuan saat ini memiliki kemampuan dan kekuatan untuk berkontribusi lebih dalam segala lini kehidupan. Tak hanya menjadi ibu rumah tangga yang berkutat di dapur saja, perempuan juga berhak mendapatkan kesetaraan dan diberi kesempatan untuk dapat memimpin sebuah perusahaan. Selamat Hari Perempuan, untuk seluruh perempuan di Dunia. */(ZAH/FMS/WA)