Dahlan: Myanmar Tertarik Produksi Pupuk Indonesia

09 Oktober 2013 14:39 / http://economy.okezone.com / 5562x dilihat

Rohmat - Okezone

NUSA DUA - Produk pupuk Indonesia semakin dikenal mancanegara bahkan Myanmar, negara produsen beras terbesar di dunia mulai tertarik melakukan uji coba terhadap kualitas pupuk Tanah Air.

“Sekarang telah diuji cobakan di tiga tempat di Myanmar,” kata Menteri BUMN Dahlan Iskan di Media Center KTT APEC Nusa Dua, Bali, Senin (7/10/2013).

Uji coba dilakukan untuk meyakinkan pihak Myanmar bahwa pupuk Indonesia produksi BUMN hasilnya sangat baik untuk meningkatkan produksi.

Diharapkan, dalam waktu dua bulan lagi sudah bisa dilakukan panen raya padi di Myanmar yang menggunakan produksi BUMN PT Pupuk Indonesia.

Dahlan mengatakan, saat ini telah dilakukan pembicaraan serius antara Indonesia dengan pemerintah untuk kerja sama ini, hanya saja hasilnya belum final.

Pihak Myanmar setelah melihat produksi pupuk nasional tertarik menerapkan di negaranya dan ke depan akan terus ditingkatkan kerja samanya. Jika melihat sejarah, Indonesia bagi Myanmar memiliki arti penting dan strategis untuk melakukan kerja sama mengingat akan peran besarnya.

“Presiden SBY kan berperan besar dalam proses masuknya Myanmar menjadi anggota ASEAN,” kata Dahlan.

Oleh karena itu, jangan sampai setelah negara tersebut mulai tumbuh berkembang justru Indonesia tidak memainkan perannya. “Harus terus diperjuangkan, jangan sampai kita tidak berperan di sana (Myanmar),” demikian Dahlan. (rez)

http://economy.okezone.com/read/2013/10/07/320/877980/dahlan-myanmar-tertarik-produksi-pupuk-indonesia