BUPATI GRESIK PANEN PERDANA TEBU DI BALONGPANGGANG

10 Juni 2014 08:53 / http://gresikkab.go.id / 5622x dilihat

Bupati Gresik dan wakil Bupati Gresik hari ini senin 9/6/2014 melakukan panen perdana Tebu di dusun tlatah Desa Wotansari Kec Balongpanggang. Perkebunan tebu yang di panen hari ini seluas 17 hektar dari jumlah 3000 hektar lahan tebu yang terebar di Kabupaten Gresik, untuk kecamatan benjeng dan Kec Balongpanggang terdapat 417 hektar lahan tebu, lahan tebu ini lebih banyak tersebar di wilayah selatan Gresik bila di banding dengan wilayah utara Gresik.

Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto Usai panen tebu menjelaskan bahwa saat ini kebutuhan tebu di Indonesia sebesar 5,7 juta ton, dan baru tercukupi sekitar 2,66 juta ton, berarti jumlah kebutuhan tebu saat ini sangat kurang, tentunya hal ini di sebabkan dari berbagai hal di antaranya bibit unggul dan lahan pertanian tebu sangat kurang serta yang paling penting yaitu rendemen rendah berkisar 5,7%. Kondisi di Kabupaten Gresik ini sebenarnya sangat cocok untuk lahan tebu, khususnya Gresik di wilayah selatan, demikian juga pengembangannya juga bisa hingga wilayah utara, karena tanaman tebu hanya bisa di tanam di lahan kering dan tidak membutuhkan banyak air, terlebih dengan adanya Bendung Gerak sembayat (BGS) tanaman tebu akan lebih bisa di kembangkan di wilayah Utara.

Rendemen yang hanya 5,7% tentunya tidak memberikan gairah petani tebu, di harapkan pihak perusahaan seperti watu tulis dan PG Candi bisa memberikan rendemen berkisar 9 % sehingga bisa memberikan semangat para petani tebu. Untuk lebih meningkatkan pendapatan petani Tebu, yang biasanya dulu sebagai petani kangkung, bisa beralih menjadi petani tebu. Bupati berharap ke depan para petani lebih memperhatikan bibit yang rendemenya bagus, lahan yang baik serta pemupukan yang teratur dan baik. Jika ini di lakukan dengan baik dan teratur kami yakin banyak para petani yang melirik sebagai petani tebu, karena bertani tebu lebih mudah dan tidak banyak perawatan, demikian juga bila ada lahan yang kurang subur agar beralih menjadi petani tebu.

Bupati Gresik juga memberikan bantuan peralatan kepada beberapa gapoktan seperti Pompa air, hand traktor, sumur bor dan pompa air, irigasi dan jalan usaha tani, hadir pada acara panen perdana, kepala dinas pertanian, Petrokimia Gresik, ketua koperasi tebu, jajaran pejabat pemkab Gresik, camat serta dan warga masyarakat. (dwi)

http://gresikkab.go.id/berita/09062014/bupati-gresik-panen-perdana-tebu-di-balongpanggang.html