Bank DKI Jalin Linkage KPR Dengan Koperasi Petrokimia Gresik

13 November 2012 07:45 / http://www.beritajatim.com / 7889x dilihat

Reporter : Renni Susilawati

Surabaya (beritajatim.com) - Baru dua bulan ada membuka Cabang di Surabaya, Bank DKI sudah mulai gencar mendekati berbagai lembaga koperasi pegawai yang potensial di Jatim. Salah satunya adalah Koperasi Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG) dengan kerjasama linkage Kredit Perumahan Rakyat (KPR). Targetnya Bank DKI akan menyalurkan sedikitnya Rp 100 Miliar untuk anggota K3PG dalam jangka waktu 5 tahun.

Kerjasama yang ditandatangani oleh Ketua K3PG, Yoyok Fatchurrachman dan Direktur Pemasaran Bank DKI, Mulyatno Wibowo ini diawal perjanjian mengharapkan pencairan KPR bisa sekitar Rp 50 Miliar dan saat ini sudah ada sedikitnya Rp38 Miliar yang dicairkan.
Direktur Pemasaran Bank DKI, Mulyatno Wibowo, juga menyebutkan, jika ini adalah kerjasama linkage pertama yang dilakukan di luar Jakarta dan diharapkan akan mendulang sukses yang cukup besar, karena perjanjian kedua belah pihak tak hanya untuk KPR baru saja melainkan juga bisa untuk take over rumah, renovasi hingga refinancing.

"Tahun ini secara keseluruhan kami mengharapkan bisa mencairkan kredit hingga Kredit Rp 15,1 triliun dan di kuartal ketiga kemarin sudah tercapai sekitar Rp 13,6 triliun. Dengan progres yang cukup besar ini pula membuat kami yakin bisa melantai di bursa efek Indonesia 2013 mendatang," ungkap Mulyatno.

Walaupun memiliki kerjasama linkage cukup banyak di Jakarta tetapi Bank DKI tetap menargetkan kontribusi kredit terbesar mereka 60 persennya untuk kredit ke Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sedangkan 40 persen lainnya di sektor lainnya.

Sementara itu Ketua K3PG, Yoyok Fatchurrachman, mengaku kerjasama ini mampu membantu anggota koperasi mereka untuk memiliki investasi rumah bagi masa depan keluarga mereka. Dimana besaran pinjaman KPR akan diberikan sesuai dengan kemampuan gaji serta jabatan mereka di Petrokimia Gresik. Maksimal eselon I di Petrokimia Gresik akan mendapatkan KPR senilai Rp 500 juta untuk setiap orangnya.

"Bunga yang ditawarkan kepada kami pun bersaing, makanya ini mambuat kami mau menerima kerjasama ini. Karena saat ini kami memiliki sedikitnya 5.200 karyawan yang juga anggota koperasi yang tentunya membuatuhkan investasi berupa rumah dan bangunan lainnya," tandas Yoyok.[rea/kun]

http://www.beritajatim.com/detailnews.php/1/Ekonomi/2012-11-13/152416/Bank_DKI_Jalin_Linkage_KPR_Dengan_Koperasi_Petrokimia_Gresik