Bangun Ekosistem Antikorupsi, Petrokimia Gresik Raih Sertifikat Konsistensi Implementasi SMAP ISO 37001

05 Juli 2021 17:00 / Komunikasi Korporat PG / 3566x dilihat

Petrokimia Gresik (PG) senantiasa membangun ekosistem antikorupsi di lingkungan perusahaan. Menjalankan operasional bisnis dengan bersih dari praktik penyuapan melalui disiplin penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Komitmen ini pun mendapat dukungan total dari seluruh insan di perusahaan, sehingga PG berhasil mengantongi Sertifikat Konsistensi Implementasi SMAP ISO 37001, pada Senin (5/7).

Direktur Utama (Dirut) PG, Dwi Satriyo Annurogo menjelaskan bahwa konsistensi penerapan SMAP selaras dengan implementasi tata nilai perusahaan AKHLAK, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Komitmen ini menjadi super penting karena PG mengemban amanah dari pemerintah untuk memproduksi dan menyalurkan pupuk bersubsdi demi menjaga ketahanan pangan nasional.

“Saya mengapresiasi dukungan seluruh insan di korporat beserta stakeholder dalam penyelenggaraan perusahaan yang bersih dan berintegritas di Petrokimia Gresik,” ujar Dirut.

Lebih lanjut Dirut menjelaskan bahwa, SMAP ISO 37001 merupakan wujud komitmen PG mengoptimalkan penerapan Good Corporate Governance (GCG) dalam menjalankan operasional perusahaan dengan prinsip transparansi. Sebab, penerapan sertifikat ini dapat menumbuhkan budaya anti-penyuapan di perusahaan, sehingga menciptakan keunggulan dibandingkan dengan kompetitor.

“Dengan demikian reputasi dan kepercayaan stakeholder kepada Petrokimia Gresik pun akan semakin meningkat,” ujar Dirut.

Dari sisi bisnis, lanjutnya, SMAP dapat meminimalisasi potensi financial losses. Dengan demikian proses bisnis di perusahaan akan semakin efisien dan dapat meningkatkan daya saing bagi produk PG sehingga memudahkan upaya bersama untuk menjadi market leader dan dominant player di sektor agroindustri

“SMAP merupakan komitmen Petrokimia Gresik dalam menyelenggarakan perusahaan yang sehat dalam meningkatkan daya saing usaha,” tandasnya.

Seritifikat konsistensi ini diraih setelah PG melakukan audit selama dua hari. Auditor Independen telah menilai bahwa penerapan SMAP ISO 37001 PG telah dilakukan dengan konsisten. Bahkan, mereka mengapresiasi inovasi yang dilakukan PG pada penerapan SMAP ISO 37001 ini. (SEP/WA)