Agar Selalu Memperhatikan K3

05 Februari 2013 10:51 / Humas PKG / 7713x dilihat

Kegiatan lomba dalam rangka peringatan dan pelaksanaan

Bulan K3 Nasional Tahun 2013 di lingkungan PT Petrokimia Gresik (PKG), secara

resmi dibuka oleh Direktur Produksi PKG, Nugroho Christijanto. Acara pembukaan

yang berlangsung di fireground (04/02) ini dihadiri oleh pejabat Disnaker,

Dinas PMK Kabupaten Gresik, dan undangan lainnya.

Berdasarkan laporan Manager LK3 PKG, Nanang TS, kegiatan lomba K3 yang mengusung tema “Safety Is My 1st Priority” ini diikuti oleh 52 regu, dengan total peserta 416 orang. Jumlah peserta ini bila dibandingkan tahun lalu mengalami kenaikan sekitar 10%.

Lomba yang digelar meliputi pemadaman Kebakaran (PMK) beregu 6 orang dengan komandan regu minimal pejabat eselon III, breathing apparatus (BA), cerdas cermat, karya tulis, poster, dan kuis sidak K3. Lomba pertolongan pertama gawat darurat (PPGD) pada tahun ini digabung ke dalam lomba PMK.

Tujuan lomba ini untuk meningkatkan peran aktif semua komponen SDM perusahaan dalam pelaksanaan seluruh aspek dan norma K3 di PKG secara konsisten, untuk meningkatkan dan internalisasi budaya K3 di perusahaan. Selain itu juga untuk mengukur sejauh mana kesiapsiagaan kita apabila terjadi kondisi gawat darurat. Pelaksanaan lomba melibatkan karyawan dari seluruh unit kerja, anak perusahaan, kontraktor, serta siswa dan mahasiswa praktek di lingkungan PKG.

Direktur Produksi (Dirprod), Nugroho Christijanto, dalam sambutannya menghimbau kepada kita semua untuk selalu memperhatikan K3 dalam melakukan aktivitas sehari-hari, serta selalu melakukan upaya-upaya konkrit dalam pelaksanaan K3 untuk mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja, sehingga target nihil kecelakaan (zero accident), dan peningkatan kinerja K3 perusahaan tiap tahun bisa tercapai.

Dalam rangka pencapaian program zero accident dan peningkatan kinerja K3, PKG telah dan selalu melaksanakan berbagai usaha dan kegiatan edukatif, promotif, dan preventif untuk menanamkan investasi yang tidak ternilai dalam pelaksanaan K3. Hal tersebut dilakukan baik untuk kepentingan perusahaan, masyarakat, keluarga, maupun individu.

Dirprod menegaskan agar berbagai lomba yang digelar setiap tahun dalam rangka Bulan K3 Nasional ini tidak hanya menjadi kegiatan rutinitas saja. “Kita jangan hanya terjebak pada kegiatan rutin ini semata, tetapi harus bisa mengerti dan menerapkan esensi dari kegiatan bulan K3 tersebut”, ujarnya.

Pelaksanaan lomba dalam rangka Bulan K3 Nasional di PKG ini secara resmi ditandai dengan pembukaan hydrant oleh Dirprod. Kemudian dilanjutkan dengan lomba PMK dan BA, yang awali dengan demo penyelamatan korban dan dokumen, serta penanggulangan kebakaran oleh tim K3 representative pabrik I, II, III, dan regu Departemen Pemeliharaan III yang merupakan juara tahun 2012 lalu.

Bulan K3 Nasional Tahun 2013 ini mengangkat tema “ Budayakan K3 di Setiap Kegiatan Usaha Menuju Masyarakat Industri yang Selamat, Sehat, dan Produktif”. (Hartono)