11.670 Paket Sembako

14 Agustus 2012 08:16 / Humas PKG / 1119

Pasar Murah BUMN Peduli Tahun 2012 Tahap II yang diselenggarakan oleh PT Petrokimia Gresik (PKG) pada bulan Ramadhan 1433 H mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat setempat. Pasar Murah Tahap I sudah dilaksanakan oleh PKG pada bulan Mei 2012 yang lalu di wilayah sekitar perusahaan. Jumlah paket sembako yang didistribusikan oleh PKG pada pasar murah kali ini sebanyak 11.670 paket. Sebanyak 7.670 paket di wilayah Kabupaten Gresik, dan 4.000 paket untuk Kabupaten Bojonegoro.

“Penyelenggaraan Pasar Murah BUMN Peduli ini merupakan Program Kementerian BUMN yang diprioritaskan bagi masyarakat kurang mampu, guna membantu meringankan beban mereka dalam menghadapi kenaikan harga sembako saat bulan Ramadhan, dan menjelang Idul Fitri”, demikian disampaikan oleh Direktur SDM & Umum PKG, Koeshartono, dalam sambutannya, saat menghadiri acara ini bersama Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, dan Wakil Bupati Gresik, M. Qosim.

Paket sembako yang terdiri dari 3 kg beras, 1 kg gula pasir, dan 1 liter minyak goreng ini dijual dengan harga Rp 15.000 per paket, atau 70% lebih murah dari harga di pasaran. Subsidi harga sebesar 70% ini seluruhnya diambilkan dari dana BUMN Peduli senilai Rp 443.460.000.

Untuk tahun 2012 ini PKG melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) telah menyerahkan dana BUMN Peduli untuk kegiatan pasar murah kepada Kementerian BUMN sebesar Rp 1 miliar.

Di Kabupaten Gresik, pasar murah berlangsung di beberapa kecamatan pada tanggal 2 Agustus 2012, yaitu di Kecamatan Ujung Pangkah, Sidayu, Dukun, Panceng, dan Bungah, dengan jumlah total 4.950 paket sembako. Di Kecamatan Cerme dan Kecamatan Duduk Sampeyan dengan jumlah 1.370 paket dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2012. Sebanyak 1.350 paket sembako didistribusikan di Kecamatan Kedamean dan Kecamatan Wringinanom pada tanggal 7 Agustus 2012. Pelayanan penjualan paket sembako di Kabupaten Gresik selain dilakukan oleh petugas, juga dilakukan secara langsung oleh Direktur SDM & Umum PKG, Koeshartono. Pasar Murah BUMN Peduli yang digelar oleh PKG di Desa Wadeng, Kecamatan Sidayu dan di Kecamatan Wringinanom juga dihadiri oleh Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, dan Wakil Bupati Gresik, M. Qosim, serta Muspika setempat.

Untuk wilayah Kabupaten Bojonegoro, pasar murah dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2012, tepatnya di Desa Pasinan, Kecamatan Baureno (1.000 paket), Desa Kemamang, Kecamatan Balen (1.500 paket), dan Desa Tapelan, Kecamatan Kapas (1.500 paket).

“Penentuan wilayah distribusi paket sembako dalam rangka Pasar Murah BUMN Peduli untuk PKG ini ditentukan oleh PTPN X, selaku koordinator Pasar Murah BUMN Peduli wilayah Jawa Timur. Sedangkan penentuan lokasi kecamatan dan alokasi paket di masing-masing kecamatan berdasarkan hasil koordinasi PKG dengan Pemkab setempat”, jelas Koeshartono mengakhiri sambutannya. (Hartono)