Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) menjadi aspek yang sangat penting dalam setiap pekerjaan yang dilakukan di PT. Petrokimia Gresik, agar tercipta lingkungan kerja yang aman, sehat dan berbudaya K3. Komitmen ini  tercermin dalam penempatan “Keselamatan dan Kesehatan Kerja” di urutan pertama Budaya Perusahaan (5 Tata Nilai).

BUDAYA PERUSAHAAN

  • Mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja serta pelestarian lingkungan hidup dalam setiap kegiatan operasional.
  • Memanfaatkan profesionalisme untuk peningkatan kepuasan pelanggan.
  • Meningkatkan inovasi untuk memenangkan bisnis
  • Mengutamakan integritas di atas segala hal.
  • Berupaya membangun semangat kelompok yang sinergistik. 

Sebagai  penerapan aspek utama dalam setiap pertimbangan pelaksanaan pekerjaan di PT Petrokimia Gresik, K3 tidak dapat dipisahkan dari upaya pencapaian “Operation Excellence” yang menjadi cita-cita setiap perusahaan. Berbagai program kerja peningkatan digalakkan demi tercapainya “Health, Safety, Environmental (HSE) Excellence” sebagai faktor pendukung penerapan “Operation Excellence” di PT Petrokimia Gresik. 

Dengan profil jumlah pekerja di atas 3 ribu orang , luas area 450 ha, dan memiliki 21 plant per 2013, usaha pencapaian tujuan “HSE (Health, Safety, Environmental) Excellence” yang mendapat dukungan penuh dari  manajemen puncak ini menjadi program prioritas perusahaan. 

Komitmen Manajemen Puncak dalam hal penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja tertuang dalam integrasi sistem manajemen dalam bentuk  “Kebijakan Sistem Manajemen PT Petrokimia Gresik”, sebagaimana tercantum di bawah ini. 

KEBIJAKAN SISTEM MANAJEMEN PT PETROKIMIA GRESIK

PT Petrokimia Gresik bertekad menjadi produsen pupuk dan produk kimia lainnya yang berdaya saing tinggi dan produknya paling diminati konsumen dengan kinerja unggul dan berkelanjutan, melalui penerapan Sistem Manajemen Mutu, Sistem Manajemen Lingkungan, Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) secara terintegrasi dengan komitmen :

  1. Menjamin kepuasan pelanggan dengan menyediakan produk pupuk, produk kimia dan jasa tepat mutu, tepat jumlah, tepat jenis, tepat tempat, tepatwaktu, dan tepat harga.
  2. Mencegah pencemaran lingkungan signifikan dengan mengendalikan emisi udara, limbah cair, limbah padat dan kebisingan serta menerapkan Reduce, Recycle, dan Reuse (3R).
  3. Mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja serta kerusakan sarana dan prasarana dengan mengendalikan potensi bahaya sehingga tercipta budaya dan sistem kerja yang aman.
  4. Mentaati dan mematuhi Peraturan Perundangan dan persyaratan lainnya yang berlaku; tanggap terhadap isu-isu K3, lingkungan global dan konservasi sumber daya alam; menerapkan Responsible Care dan Corporate Social Responsibility (CSR).

Kebijaksanaan ini dikomunikasikan kepada seluruh karyawan, rekanan, pemasok dan pemangku kepentingan lainnya untuk dipahami dan keefektifannya ditinjau secara berkala sekurang-kurangnya satu kali dalam setahun.

Beberapa program kerja dan sistem yang telah dan akan diimplementasikan di PT Petrokimia Gresik untuk mencapai “HSE Excellence” di bidang Petrochemical dan Manufacture, antara lain :

 

  1. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), berdasarkan PERMENAKER 05/1996
  2. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), berdasarkan PP 50/2012
  3. ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan
  4. Zero Accident
  5. LTI-free manhours
  6. Program Pola Hidup Sehat (PPHS)
  7. Contractor Safety Management System (CSMS)
  8. Process Safety Management (PSM)
  9. Behaviour Based Safety (BBS)

Kinerja PT Petrokimia Gresik di bidang  penerapan K3 sepanjang tahun 2012 sampai April 2013 dapat direfleksikan dari pencapaian Lost Time Injury (LTI)-free manhours 53.763.409 juta jam kerja, dengan 2582 hari kerja aman (HKA). Diterimanya penghargaan “Nihil Kecelakaan” (Zero Accident award) yang dilengkapi dengan diraihnya tingkat penerapan “Memuaskan” (Bendera Emas) dalam sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), berdasarkan PP 50/2012. 

KEGIATAN DALAM RANGKA BULAN K3 NASIONAL

PT Petrokimia Gresik melalui Departemen LK3 nya secara rutin dan berkesinambungan melakukan berbagai kegiatan dalam rangka meningkatkan pengetahuan pekerja dan masyarakat sekitar perusahaan terhadap pentingnya penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam pekerjaan sehari-hari. Sehingga ke depannya diharapkan tidak akan terjadi kecelakaan kerja yang merugikan pekerja, perusahaan maupun masyarakat sekitar.

Kegiatan yang bersifat promosi dan edukasi, serta melibatkan semua elemen perusahaan ini dilaksanakan sepanjang tahun, terutama dalam rangka  Bulan K3 Nasional, yang diperingati setiap tanggal 12 Januari.

Kegiatan-kegitan tersebut, antara lain :

Lomba Pemadaman Kebakaran

Lomba pemadaman kebakaran dilaksanakan dengan tujuan agar seluruh pekerja mengerti, memahami, dan mampu  mengendalikan dan memadamkan kebakaran jika suatu saat terjadi kebakaran di unit kerja mereka. Dalam lomba ini tim yang beranggotakan 6 orang dengan komandan regu minimal pejabat Eselon III ditugaskan untuk memadamkan kebakaran kolam yang berisi campuran antara air dan solar menggunakan fire hydrant system.

Lomba pemadaman kebakaran ini terbagi menjadi 3 kategori peserta:

  1. Kategori  Plant
  2. Kategori Office
  3. Kategori Anak Perusahaan, Kontraktor, dan Perusahaan Undangan

Lomba Search & Rescue

Lomba ini bertujuan untuk menguji  kemampuan dan ketangkasan dalam mencari dan menyelamatkan korban pada suatu kejadian kecelakaan. 

Lomba Cerdas Cermat

Lomba ini untuk mengukur sejauh mana  pengetahuan para peserta tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Fire & Rescue, serta aspek Lingkungan yang ada di PT  Petrokimia Gresik.  Lomba ini mengadopsi konsep salah satu acara kuis serupa di sebuah statiun televisi swasta dengan beberapa penyesuaian.

Lomba Karya Tulis dan Lomba Poster K3

Lomba ini dilaksanakan secara manual dan komputerisasi. Melalui lomba ini diharapkan muncul ide-ide baru yang dapat digunakan sebagai sarana promosi penerapan K3, PPHS, kepedulian lingkungan, dan tindakan pencegahan terhadap hal-hal yang bersifat unsafe condition dan unsafe action.

 

 

 

 

 

 

 

 

Kuis Pengetahuan K3

Kuis Pengetahuan K3 merupakan bagian dari program kerja CSMS (Contractor Safety Management System) dan BBS (Behaviour Based Safety) yang bertujuan untuk meningkatkan awareness karyawan dan mitra kerja terhadap K3.  Kuis Pengetahuan ini dilakukan secara acak dan mendadak kepada semua karyawan dan mitra kerja yang berada di wilayah PT Petrokimia Gresik. 

Departemen LK3 PT Petrokimia Gresik memberikan penghargaan berupa sertifikat dan hadiah berupa uang tunai  kepada para pemenang lomba.

BAGIAN PMK

Departemen LK3 PT Petrokimia Gresik memiliki Bagian PMK yang berkewajiban  untuk mengidentifikasi dan mitigasi potensi risiko kebakaran, menyediakan dan melakukan pemeriksaan berkala terhadap peralatan pemadam kebakaran di seluruh area perusahaan , menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan tentang penanggulangan kebakaran kepada semua karyawan dan mitra kerja PT Petrokimia Gresik. Bagian PMK juga merupakan pusat Rescue and Response Team PT Petrokimia Gresik.

Kelengkapan rescue and response equipment, antara lain :

  1. 2 Fire truck dengan media pemadam air kapasitas 2000 liter dan 9500 liter.
  2. 4 Fire truck dengan media pemadam kombinasi air dan foam kapasitas masing-masing 4000 liter air dilengkapi 1000 liter foam, 3000 liter air dilengkapi 300 liter foam, 4500 liter air dilengkapi 250 liter foam, dan 4500 liter air dilengkapi 1000 liter foam.
  3. 1 Back up Fire truck dengan media pemadam air.
  4. 1 Rescue truck yang dilengkapi dengan peralatan rescue untuk semua jenis kejadian darurat.
  5. 2 Mobil ambulance 
  6. 3 Rubber boat untuk area pelabuhan dan laut.

Sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) dan wujud kepedulian terhadap warga sekitar perusahaan,  Tim Pemadam Kebakaran, serta Resque and Response Team PT Petrokimia Gresik siap memberikan bantuan pertolongan apabila terjadi kebakaran di lokasi warga dengan radius sekitar 5 km dari wilayah perusahaan. 

Permintaan bantuan dapat dilakukan melalui nomor telpon : 031-3982100, 3982200, pesawat 1222, dan 2222

 




 

 

 

 

 

 

updated 190913











Cetak Halaman

ISO

Kantor Pusat

Jl. Jenderal Ahmad Yani - Gresik 61119

Telp. : 031-3981811, 3982100, 3982200

Fax. : 031-3981722, 3982272

pg@petrokimia-gresik.com

 

Kantor Perwakilan

Jl. Tanah Abang III no.16 Jakarta 10160

Telp. : 021-3446459, 3446645

Fax. : 021-3841994

perjaka@petrokimia-gresik.com

 

Pusat Layanan Pelanggan

Telp. : 08001888777

(bebas pulsa)

SMS : 0811344774

Fax. : 031-3979976

konsumen@petrokimia-gresik.com