Petani Jepara Menanti Petroganik

Rabu, 17 Mei 2017 13:52 WIB  |  Humas PG

Komisi B DPRD Kabupaten Jepara bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara berkunjung ke PT Petrokimia Gresik (PG). Rombongan hadir di Wisma Kebomas, Rabu 17 Mei 2017.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Jepara, Kholis Fuad dalam sambutannya mengatakan, kunjungan kerja Komisi B ke PG bertujuan untuk menyampaikan aspirasi masyarakat Jepara, guna meningkatkan sinergitas dalam mendukung program ketahanan pangan.

“PG merupakan satu-satunya partner petani di Jepara yang bisa diandalkan. Salah satu produk PG yang ditunggu adalah Petroganik, untuk itu kami berharap kualitasnya lebih disempurnakan,” ujarnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemkab Jepara, Achid Setiawan menambahkan, tujuannya hadir ke PG juga ingin melihat proses produksi pupuk lebih dekat. Mengetahui mekanisme distribusi pupuk mulai dari produsen hingga petani. Selain itu untuk mengetahui produk lain di PG.

Terkait Petroganik, tim dari Penjualan Ritel Wilayah I PG, Danes Susantoro dalam presentasinya menjelaskan tahun 2016 penyerapan pupuk organik tersebut di Jepara terbilang rendah, kurang dari 50 persen. Hal ini terjadi karena mitra Petroganik PG yang ada di Jepara tidak berproduksi sesuai standar, sehingga diberikan sanksi.

“Sebenarnya, kebutuhan Petroganik petani Jepara saat itu bisa kita penuhi dari mitra yang ada di Kabupaten lain. Tapi karena terlanjur hasil panen mereka tidak sesuai harapan, setelah menggunakan Petroganik yang tidak standar, mereka enggan memakainya lagi. Kami terus memperbaiki kualitas, sehingga sesuai standar. Kami siap melayani jika Petroganik ditunggu di Jepara. Per tanggal 15 Mei 2017, stok pupuk Petroganik di Jepara ada 78 ton,” tandasnya.

GM Penjualan Ritel PG, Wismo Budiono mengatakan, selain memproduksi dan menyalurkan pupuk subsidi, PG juga memproduksi produk pengembangan yang merupakan hasil riset. Produk pengembangan PG mulai dari hulu hingga hilir pertanian, seperti benih padi, hingga Fitrice, beras yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes dan kegemukan.

“Kami berharap, melalui silaturahmi ini, sinergitas PG dengan Pemerintah Kabupaten Jepara dan DPRD Kabupaten Jepara bisa terjalin semakin baik,” ujarnya.*/isp.- 


Kembali ke Indeks Berita |  Cetak Berita